PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL MOVING ILMU UKUR TANAH KAJIAN PENGGUNAAN ALAT DIGITAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Yuli Saputra, 5101411031 (2016) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL MOVING ILMU UKUR TANAH KAJIAN PENGGUNAAN ALAT DIGITAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek merupakan bagian dari satuan kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa S1 PTB Jurusan Teknik Sipil. Sehingga Mahasiswa diwajibkan untuk mengambil Mata kuliah tersebut. Salah satu capaian pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek adalah pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat mengetahuai tentang Penggunaan alat, Pengukuran polygon, memanjang, dan dapat menguasai konsep materi Ilmu Ukur Tanah dan Praktek. Berdasarkan tahun sebelumnya Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek mendapatkan materi yang disampaikan dosen belum sepenuhnya dipahami oleh Mahasiswa sehingga membutuhkan media alternative yang mampu digunakan untuk belajar secara mandiri yaitu salah satunya media pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan penelitian media pembelajaran berbasis multimedia ini untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Visual Moving dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengajaran . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh expert atau ahli media, serta pengambilan data persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran. Dengan obyek penelitian mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang angkatan 2014. Hasil dari penelitian ini didapat penilaian Ahli materi terhadap aspek materi dan aspek instruksional dalam media pembelajaran berbasis multimedia Visual Moving pada Power point mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek dengan kategori baik, yang mempunyai nilai presentase rata-rata sebesar 79,00%, penilaian Ahli media terhadap aspek rekayasa perangkat lunak, desain pembelajaran, dan aspek komunikasi audio visual dalam media pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek dengan kategori baik, yang mempunyai nilai presentase rata-rata sebesar 87,50% dan persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran sebesar 86,2% dapat digunakan menjadi alternatif media pembelajaran mandiri mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan Praktek.Disarankan untuk dapat memanfaatkan dengan baik media pembelajaran menggunakan multimedia ini sebagai salah satu sumber belajar mandiri dalam membantu pemahaman belajar mata kuliah Ilmu Ukur Tanah dan praktek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital Theodolit, Media Pembelajaran, Multimedia
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2017 13:21
Last Modified: 08 Nov 2017 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27254

Actions (login required)

View Item View Item