MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AUTOCAD DENGAN MEDIA MODUL PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK NEGERI 2 SALATIGA


Hartriana Wahidatul Istiqomah, 5101411019 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AUTOCAD DENGAN MEDIA MODUL PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON DI SMK NEGERI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran AutoCAD merupakan mata pelajaran kejuruan teori dan praktik yang berbasis program komputer (software Autocad). Karakteristik mata pelajaran AutoCAD yang bersifat teori dan praktik terdapat permasalahan belajar didalamnya. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, diperlukan suatu model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang dapat membantu siswa selama kegiatan praktikum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah penggunaan media pembelajaran modul pada mata pelajaran AutoCAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2. Berapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran AutoCAD setelah menggunakan media modul. Model dan media yang dikaji dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Direct Instruction dengan dilengkapi media pembelajaran modul. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode Quasi Exsperimen (eksperimen semu), dimana subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKBB (kelas eksperimen) dan kelas XI TKK (kelas kontrol), dengan hasil belajar sebagai alat untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata nilai akhir yang terdiri dari nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas kontrol dan eksperimen. Rata-rata nilai akhir kelas kontrol 76,306 dan kelas eksperimen 81,398, dengan prosentase ketuntasan kelas kontrol 69,4% dan kelas eksperimen 100%. Hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) didapatkan nilai t hitung sebesar 6,789, nilai tersebut lebih besar dari nilai t tabel 2,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai akhir kelas eksperimen lebih baik dari nilai akhir kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran direct instruction dan media berupa modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, AutoCAD
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2017 13:22
Last Modified: 08 Nov 2017 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27253

Actions (login required)

View Item View Item