PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FINISHING BANGUNAN KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 2 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


KHARIS ASYHARI, 5101410015 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FINISHING BANGUNAN KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 2 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101410015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Finishing banguanan adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pengalaman siswa dalam mengeksplorasi teori yang didapat selama pembelajaran dikelas kemudian di terapkan dengan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengatahui seberapa besar peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran PBL terhadap mata pelajaran finishing bangunan (2) Mengetahui penerapan model PBL dapat meningkatkan aktivitas praktikum siswa dalam mata pelajaran finishing bangunan program keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton di kelas XI di SMK Negeri 2 Purwodadi. Penelitian yang dilakukan berupa PTK dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TKBB. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan teknik nontes yang terdiri atas observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dan aktivitas praktikum siswa. Siklus I hasil belajar siswa mendapatkan skor 69,31 (kriteria cukup), aktivitas praktikum siswa (tahap pertama) diperoleh nilai rata-rata 56,6 dengan ketuntasan klasikal 48,85% dan aktivitas praktikum siswa (tahap ke dua) diperoleh nilai rata-rata 68,80 dengan ketuntasan klasikal 67,59%. Siklus II hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 89,14 dengan ketuntasan klasikal 93,10%, aktivitas praktikum siswa (tahap pertama) diperoleh nilai rata-rata 59,60 dengan ketuntasan klasikal 51,35% dan aktivitas praktikum siswa (tahap ke dua) diperoleh nilai rata-rata 90,20 dengan ketuntasan klasikal 77,76%.Simpulan dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas praktikum siswa kelas XI TKBB pada pembelajaran finishing bangunan. Saran peneliti adalah hendaknya menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas praktikum .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Meningkatkan Hasil Belajar, Mata Pelajaran Finishing Bangunan.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2017 12:57
Last Modified: 08 Nov 2017 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27250

Actions (login required)

View Item View Item