MINAT SISWA SMK NEGERI RUMPUN BANGUNAN KOTA SEMARANG UNTUK MELANJUTKAN STUDI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Ditha Hasan Ticha Buwono , 5201409021 (2016) MINAT SISWA SMK NEGERI RUMPUN BANGUNAN KOTA SEMARANG UNTUK MELANJUTKAN STUDI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101409112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang berorientasi pada dunia kerja dan salah satu tujuannya memberikan bekal siap kerja kepada siswa sebagai tenaga kerja yang terampil tingkat menengah sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh dunia kerja. Bertolak dari pemikiran tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Minat Siswa SMK Negeri Rumpun Bangunan Kota Semarang Untuk Melanjutkan Studi Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang”. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan informasi dan mengetahui seberapa besar Minat Siswa SMK Negeri Rumpun Bangunan Kota Semarang Untuk Melanjutkan Studi Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Dalam penelitian ini jumlah populasi siswa kelas XI SMK Negeri Rumpun Bangunan Kota Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 496 siswa yang terbagi dalam 4 SMK. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proporsional Area Random Sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel yang ada sebesar 15% dari jumlah populasi yang ada maka jumlah sempelnya sebanyak 75 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket. Sebelum instrumen penelitian digunakan, dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Setelah data diperoleh maka dilakukan analisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase Minat Siswa SMK Negeri Rumpun Bangunan Kota Semarang untuk melanjutkan studi di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 6.67 %, kategori tinggi sebesar 64 % dan kategori sedang sebesar 29.33 %. Hal ini berarti bahwa minat masuk Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang masuk dalam kategori tinggi. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah siswa yang mempunyai minat masuk ke Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, alangkah baiknya sebelum lulus siswa mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa SMK Negeri Rumpun Bangunan Kota Semarang, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2017 12:57
Last Modified: 08 Nov 2017 12:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27249

Actions (login required)

View Item View Item