PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENGGAMBAR PETA TEMATIK MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MA


Dwi Puji Lestari , 3201411019 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MENGGAMBAR PETA TEMATIK MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran memiliki beberapa komponen, dan pembelajaran apapun harus didukung oleh komponen yang lengkap dan tepat. Salah satu komponen yang harus ada dalam pembelajaran adalah proses belajar yang dilakukan oleh siswa. Penerapan praktikum dalam pembelajaran Geografi menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk mencapai tujuan belajar. Kegiatan praktikum dapat diterapkan pada mata pelajaran Geografi dalam materi Pengetahuan Dasar Peta dan Pemetaan di kelas XII. Kegiatan praktikum sangat tepat diterapkan untuk mencapai kompetensi dasar pada materi tersebut, yaitu siswa mampu mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan. Selain itu, hal dasar yang dituntut dalam pembelajaran adalah keaktifan siswa. Keaktifan siswa dapat dilihat dari aktivitas belajarnya. Aktivitas belajar siswa yang ditekankan dalam praktikum ini adalah aktivitas belajar menggambar peta tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam menggambar peta tematik, hasil atau produk peta tematik siswa, dan tanggapan siswa terhadap kegiatan praktikum pada pembelajaran Geografi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS MA Al-Asror Patemon tahun ajaran 2015/ 2016 yang jumlahnya mencapai 53 siswa, terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Metode pengumplan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan descriptive persentase, yakni menggambarkan hasil analisis secara deskriptif dan tidak memberikan alasan tentang sebab atau akibat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa, yaitu aktivitas menggambar peta tematik dikategorikan aktif dengan persentase 77,86% pada pertemuan pertama dan 77,83% pada pertemuan kedua. Aktivitas belajar menggambar peta tematik tersebut terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, proses, dan evaluasi. Hasil atau produk peta tematik siswa dalam kegiatan praktikum ini dikategorikan baik dengan persentase 73,41% pada pertemuan pertama dan 70,22% pada pertemuan kedua. Adapun tanggapan siswa tentang kegiatan praktikum, hasil penelitian menunjukkan kegiatan tersebut masuk kategori baik dengan persentase 68,75%. Kegiatan pembelajaran dalam bentuk praktikum pada pelajaran Geografi ini diharapkan dapat dijadikan salah satu inovasi pembelajaran oleh guru demi pencapaian tujuan belajar yang inginkan. Saran, sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana praktikum agar kegiatan tersebut dapat meningkatan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktikum, Aktivitas Belajar, Peta Tematik
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 12:37
Last Modified: 08 Nov 2017 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27248

Actions (login required)

View Item View Item