HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 PEKALONGAN TAHUN 2015


Prasifita Finisha Khodijah , 3201411014 (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 PEKALONGAN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan hidup berperan dalam mempengaruhi kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya. Institusi pendidikan turut serta dalam pengelolaan lingkungan. Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan dalam mengubah perilaku manusia. Namun siswa sering melakukan hal yang kurang baik seperti membuang sampah tidak pada tempatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengetahuan siswa kelas XI IPS tentang lingkungan hidup, (2) Perilaku pelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan sekolah di kelas XI IPS SMAN 2 Pekalongan, (3) Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan perilaku pelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan sekolah di kelas XI IPS SMAN 2 Pekalongan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA N 2 Pekalongan yang berjumlah 125 siswa. Sampel yang digunakan sebesar 45% maka diperoleh 56 responden yang dipilih dengan metode proportional random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif persentase dan product moment. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Pengetahuan lingkungan hidup siswa kelas XI IPS SMAN 2 Pekalongan termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan skor 19,554 dan persentase 79,2%. Sedangkan untuk perilaku pelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan sekolah termasuk dalam kategori baik yaitu dengan skor 71 dan persentase 74,0%. Hasil dari kedua variabel diperoleh r hitung (rxy) 0,71 pada α = 5% dan dk (56-2)= 54, diperoleh rtabel 0,266. Karena r hitung > r tabel maka hipotesis diterima, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan lingkungan hidup dengan perilaku pelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan kelas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyampaikan saran yang diharapkan berguna untuk kepentingan bersama sebagai berikut kepada pihak sekolah disarankan untuk (1) Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler seperti pencinta lingkungan, agar siswa dapat mengenal lebih dekat lingkungan hidup mereka sehingga tiap siswa merasa memiliki tanggung jawab masing-masing tiap individunya, (2) Meningkatkan atau memperbaiki fasilitas yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan dan kebersihan lingkungan, sepert tempat pembuangan sampah yang dibedakan menurut jenisnya, (3) Seluruh warga SMA N 2 Pekalongan diharapkan untuk ikut bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian dan kebersihan di lingkungan sekolahnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 12:30
Last Modified: 08 Nov 2017 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27247

Actions (login required)

View Item View Item