PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK NEGERI 2 PURWODADI


Slamet Margiono , 5101409082 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK NEGERI 2 PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101409082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran. Karena proses pembelajaran pada jaman sekarang lebih bersifat guru sebagai sumber ilmu. Dibutuhkan proses pembelajaran yang aktif didalam kelas yang tidak berpusat pada guru, akan tetapi lebih mengajak siswa – siswi lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran. Di SMK N 2 Purwodadi proses pembelajaran yang sering digunakan adalah proses pembelajaran ceramah. Dalam proses pembelajaran ceramah sering timbul permasalahan yang menyebabkan siswa cenderung kurang aktif pada saat proses pembelajaran. Sehingga menyebabkan kebanyakan siswa memiliki kualitas keaktifan didalam kelas yang cukup kurang. Kriteria ketuntasan belajar yang sudah ditetapkan sekolah siswa – siswi mampu mencapai kriteria yang sudah ditentukan. Tetapi akan lebih baik jika siswa memiliki kualitas ke aktifan belajar didalam kelas yang akan membuat hasil belajar siswa – siswi akan semakin meningkat. Metode Penelitian mengguankan penelitian kuantitatif ,pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian ekperimen dimana subjek pada penelitan ini adalah siswa kelas X TGB (Kelas Eksperimen) Pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran examples non exmples.Metode pembelajaran examples non examples adalah metode belajar dengan memberikan contoh – contoh gambar yang relevan dari kompetensi dasar tersebut. Gambar dapat ditampilkan dari LCD proyektor, OHP, dan perlengkapan lainnya yang dapat menunjang metode pembelajaran tersebut. Metode pembelajaran ceramah merupakan proses pembelajaran yang lebih bersifat guru sebagai sumber ilmu. Dari hasil analisis di peroleh simpulan sebagai berikut : Metode examples non examples berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar kelas X SMK Negeri 2 Purwodadi, besarya peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi model pembelajaran example non example adalah 23,8% Berdasarkan simpulan dari hasil penelitian ini, maka dapat diajukan saran sebagai berikut :sebaiknya dalam menerapkan model pembelajaran example non example guru di harapkan menyiapkan contoh gambar yang tetap, sudah menyusun strategi bgian mana yang akan di tampilkan dan bagin mana yang tidak di tampilkan pada siswa sebagai cara melatih siswa mengeksplorasi pengetahuannya.Pembelajran example non example memungkinkan kondisi kelas yang ramai dan membutuhkan waktu lebih banyak dalam penerapannya, sebainya guru mempertimbangkan hal in sebagai upaya dalam pengefektifkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pemblajaran ,Kemampuan Menggambar Teknik Dasar.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 08 Nov 2017 12:34
Last Modified: 08 Nov 2017 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27246

Actions (login required)

View Item View Item