MEKANISME PENGEMBANGAN TES PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Agus Purnomo , 3201411005 (2016) MEKANISME PENGEMBANGAN TES PENILAIAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilaian merupakan salah satu bagian penting dalam suatu proses pembelajaran yang terkait dengan pencapaian hasil belajar siswa. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan, bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Alat penilaian yang sering digunakan dalam pembelajaran adalah tes. Berdasarkan data awal yang dihadirkan penulis, terdapat permasalahan yaitu terdapat perbedaan yang signifikan mengenai rata-rata hasil nilai ujian nasional dengan nilai sekolah pada beberapa SMA Negeri yang berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Kabupaten Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mekanisme pengembangan tes oleh guru pada penilaian geografi SMA di Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mekanisme pengembangan tes oleh guru pada penilaian geografi SMA di Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran geografi SMA negeri berbasis KTSP di Kabupaten Semarang dengan jumlah keseluruhan 13 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah pengembangan tes yang berupa langkah-langkah dalam mengembangkan suatu alat tes yaitu perumusan tujuan tes, identifikasi hasil belajar, penyusunan kisi-kisi, menyusun draf instrumen, analisis soal, revisi dan merakit soal. Alat pengumpul data berupa angket yang berisi pernyataan mengenai langkah-langkah pengembangan tes yang dilakukan oleh guru. Data di analisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pengembangan tes yang dilakukan oleh guru geografi SMA negeri di Kabupaten Semarang rata-rata sudah baik. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, terdapat kelemahan yaitu mengenai tujuan pelaksanaan penilaian hanya untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, kemudian mengenai analisis instrumen tes yang belum sempurna terutama pada reliabilitas dan tingkat kesukaran butir soal yang telah disusun serta mengenai perbaikan instrumen tes hanya pada tata bahasanya saja tidak berdasarkan hasil analisis mengenai proporsi tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas dan validitas instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar semua guru selalu memperhatikan dengan baik mengenai mekanisme pengembangan tes dan dilakukan secara bertahap sesuai dengan langkah-langkah baku. Pertama, pada penentukan tujuan mengenai penilaian lebih terperinci bukan hanya sebatas melakukan kegiatan penilaian dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian kompetensi pada peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemudian dalam upaya peningkatkan kualitas dari instrumen tes yang disusun dengan melakukan langkah-langkah analisis instrumen tes yang baik dan benar terutama pada reliabilitas dan menentukan tingkat kesukaran butir soal serta melakukan perbaikan dari hasil analisis instrumen tes berdasarkan proporsi tingkat kesukaran, daya pembeda soal, reliabilitas dan validitas dari instrumen tes tidak hanya memperbaiki tata bahasanya saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penilaian, tes, pengembangan tes.
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 12:26
Last Modified: 08 Nov 2017 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27245

Actions (login required)

View Item View Item