TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN OUTDOOR STUDY PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2012/2013


Zakki Maulana , 3201410093 (2016) TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN OUTDOOR STUDY PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN ANGKATAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang, kegiatan outdoor study sering sekali dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajarnya. Dalam hal ini penulis akan memaparkan mengenai kegiatan outdoor study yang dilaksanakan sebagai program tahunan Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang.Kegiatan outdoor study Jurusan Geografi Universitas Negeri Semarang dilaksanakan setiap tahun pada semester genap. Adapun nama dari outdoor study tersebut yaitu Kajian Fenomena Geografi I, Kajian Fenomena Geografi II, dan Kajian Fenomena Geogafi III. Permasalahan dalam penelitian ini ialah Bagaimana tanggapan dan pendapat mahasiswa mengenai pelaksanaan kegiatan outdoor study dan Bagaimana masukan mahasiswa mengenai pelaksanaan kegiatan outdoor study Prodi Pendidikan Geografi Unversitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Mengetahui tanggapan kegiatan outdoor study yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi dan Mengetahui masukan dari mahasiswa mengenai kegiatan outdoor study. Populasi dalam penelitian yang akan dilakukan ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Geografi tahun angkatan 2012/2013. Teknik pengambilan sampel ini adalah sample random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Observasi, Angket, Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah Deskriptif Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan outdoor study telah terlaksana dengan sangat baik (SB) didukung dengan persesntase yang mencapai 84%. Indikator Persiapan sudah terlaksana dengan sangat baik (SB) dengan persentase 82%, pembekalan sudah terlaksana dengan sangat baik (SB) dengan persentase 86%, pelaksanaan sudah terlaksana dengan baik (B) dengan persentase 81%, kegiatan evaluasi terlaksana dengan sangat baik (SB) dengan persentase 87%, dan hasil persentase yang mencapai 87% menunjukkan bahwa kegiatan seminar sudah sangat baik (SB). Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan KKL atau Outdoor study sudah sangat baik. Peneliti menyarankan harusnya kegiatan seminar terbuka untuk semua angkatan agar semua mahasiswa jurusasn geografi lebih memahami apa yang telah dikaji oleh masing – masing angkatan dan Perlu adanya peninjauan mengenai substansi dari kegiatan KKL itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Outdoor, Study, KKL
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 12:16
Last Modified: 08 Nov 2017 12:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27243

Actions (login required)

View Item View Item