AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH WALISONGO PECANGAAN JEPARA


Moh. Zainudin , 3201409085 (2016) AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH WALISONGO PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201409085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Geografi di MA Walisongo Pecangaan Jepara, sudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif yang meliputi banyak model antara lain model pembelajaran tipe STAD, Jigsaw maupun Problem Solving. Model pembelajaran kooperatif dinilai sangat efektif dalam kegiatan belajar mengajar dikelas.Siswa dinilai mudah menyerap berbagai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru yang mengajar.Pembelajaran kooperatif memberikan dampak positif yang signifikan dalam hal motivasi belajar siswa. Aktivitas pembelajaran kooperatif membuat siswa tidak merasa jenuh ataupun bosan karena pembelajaran kooperatif bisa dikembangkan dalam berbagai model pembelajaran dalam berbagai tipe dan metode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Geografi di MA walisongo Pecangaan Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan angket dengan.subjek Penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XA, XB, XI IPS,XII IPS MA Walisongo Pecangaan Jepara. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling proporsional dengan cara mengambil 30% dari tiap populasi siswa dari kelas yang dijadikan subjek. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket.Metode analisis data menggunakan metode statistic deskriptif dengan menggunakan analisis frekuensi. Hasil penelitian menunjukan aktifitas siswa dalam pembelajaran kooperatif dalam mata pelajaran Geografi di MA Walisongo berlangsung efektif hal ini dibuktikan oleh hasil data yang didapat menunjukan bahwa Positive Interdependence (Saling Ketergantungan Positif) menunjukan rata-rata 70%, Personal Responsibility(Tanggung Jawab Individu) menunjukan hasil rata-rata 76,9, Face To Face Promotive Interaction (Interaksi Promotif) menunjukan hasil rata-rata 75,3%, Interpersonal Skill (Keterampilan Berkomunikasi Antar Anggota) menunjukan hasil rata-rata 79,2% Dan Group Processing(Pemrosesan Kelompok) menunjukan hasil rata-rata 86,2%. Dari keseluruhan hasil rata-rata tersebut aktifitas siswa dalam pembelajaran kooperatif bias dikategorikan dalam kriteria Aktif Simpulan penelitian ini adalah aktifitas siswa dalam pembelajaran kooperatif di MA Walisongo Pecangaan Jepara dapat dikategorikan siswa begitu aktif dan semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang disediakan oleh guru. Hal tersebut memungkinkan siswa dalam meraih prestasi dan agar tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktifitas belajar, Pembelajaran Kooperatif, Mata Pelajaran Geografi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 12:11
Last Modified: 08 Nov 2017 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27242

Actions (login required)

View Item View Item