PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 3 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Riska Istyas Apriyani , 3201409069 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 3 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201409069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang masih mau belajar dan. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang ada di lingkungan sekolah dan diadakannya perpustakaan sekolah untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat di lingkungan sekolah yang bersangkutan, khususnya bagi para guru dan murid. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu serta menganalisis pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Mranggen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mranggen yang berjumlah 352 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII 10 di SMP Negeri 3 Mranggen tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 36 siswa yang dilakukan secara acak. Variabel bebas (x) dalam penelitian ini adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah. Sedangkan variable terikat (y) nya adalah hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, angket, tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keterangan adanya pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Persentase pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 50,7%, sehingga pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa kelas VII 10 termasuk dalam kriteria sedang dan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII 10 sebesar 75% ini termasuk dalam kriteria sedang. Hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung dalam menentukan hasil belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 3 Mranggen. Saran yang diajukan dari hasil penelitian ini adalah bagi siswa di harapkan memiliki kesadaran dan perhatian untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan bagi guru diharapakan tetap mengajak siswa untuk belajar di perpustakaan sekolah agar menambah pengetahuan dan wawasan yang luas serta bagi pihak sekolah diharapkan untuk menambah koleksi-koleksi buku dan perlu ditingkatkan fasilitas-fasilitas di perpustakaan sekolah SMP Negeri 3 Mranggen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 12:36
Last Modified: 07 Nov 2017 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27240

Actions (login required)

View Item View Item