MINAT SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SLB-C YAYASAN PENDIDIKAN LUAR BIASA DEMAK TAHUN 2016


QODLI ZAKA, 6102412025 (2016) MINAT SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SLB-C YAYASAN PENDIDIKAN LUAR BIASA DEMAK TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102412025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar minat siswa berkebutuhan khusus tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran penjas di SLBC Yayasan Pendidikan Luar Biasa Demak tahun 2016?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat siswa berkebutuhan khusus tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB-C Yayasan Pendidikan Luar Biasa Demak Tahun 2016. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasinya adalah semua siswa kelas IV dan V yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB-C Yayasan Pendidikan Luar Biasa Demak Tahun 2016 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu minat siswa berkebutuhan khusus tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran penjas. Pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner dan analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian mengenai minat siswa berkebutuhan khusus tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani ditunjukkan dari tiga indikator yaitu indikator tertarik adalah 10% dalam kategori tinggi, 33,3% kategori sedang dan 56,7% kategori rendah, sedangkan indikator perhatian adalah 40% dalam kategori tinggi, 46,7% kategori sedang dan 13,3 kategori rendah, serta indikator aktivitas adalah 40% dalam kategori tinggi, 43,3% kategori sedang dan 16,7% kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa minat siswa berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB-C Yayasan Pendidikan Luar Biasa Demak dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah rata-rata minat siswa berada pada kategori sedang sebesar 76,7% maka disarankan agar adanya upaya dari pihak sekolah agar dapat mencarikan guru olahraga yang sesuai dengan bidangnya, agar pembelajaran pendidikan jasmani dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari pihak sekolah dan guru supaya lebih meningkatkan pembelajaran yang kreatif dan inovativ misalnya modifikasi pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam bergerak, supaya pembelajaran yang berlangsung dapat efektif pada siswa dan juga dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Anak Tunaghrahita, Pendidikan jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 07 Nov 2017 12:40
Last Modified: 07 Nov 2017 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27239

Actions (login required)

View Item View Item