KUALITAS INSTRUMEN TES UJIAN MADRASAH (UM) MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA NU AL–HIKMAH KECAMATAN MIJEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Saekhul Indrianto , 3201409053 (2016) KUALITAS INSTRUMEN TES UJIAN MADRASAH (UM) MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA NU AL–HIKMAH KECAMATAN MIJEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201409053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Terdapat adanya perbedaan yang cukup besar antara rata-rata nilai hasil Ujian Nasional (UN) dengan rata-rata Hasil Ujian Madrasah (UM) mata pelajaran Geografi di MA NU Al-Hikmah Kecamatan Mijen Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Rata-rata nilai hasil Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Geografi yaitu 54,76 sedangkan rata-rata Hasil Ujian Madrasah (UM) mata pelajaran Geografi adalah 63,08. Perbedaan yang cukup besar tersebut menunjukan kemungkinan adanya kelemahan pada kualitas intrumen tes yang digunakan dalam Ujian Madrasah (UM). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kualitas instrumen tes Ujian Madrasah (UM) mata pelajaran Geografi di MA NU Al-Hikmah Kecamatan Mijen Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas instrumen tes Ujian Madrasah (UM) mata pelajaran Geografi di MA NU Al-Hikmah Kecamatan Mijen Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan obyek penelitian adalah soal-soal uji Ujian Madrasah (UM) yang digunakan di MA NU Al-hikmah tahun pelajaran 2015/2016. Data diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan bantuan program komputer microsoft excel 2010 untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda instrumen tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kualitas instrumen yang digunakan belum baik dari segi validitasnya, yaitu hanya terdapat 32% butir soal yang valid, (2) indeks reliabilitas instrumen yang digunakan adalah 0,726, hal tersebut menunjukan bahwa reliabilitas instrumen tes yang digunakan sangat tinggi, (3) hasil uji tingkat kesukaran menunjukan bahwa instrumen tes yang digunakan belum proporsional, (4) dilihat dari hasil analisis daya pembeda yang dilakukan, diketahui hanya terdapat 8 butir (16%) saja yang berkategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah dilihat dari hasil uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda diketahui kualitas instrumen yang digunakan tergolong belum baik. Saran yang dapat peneliti berikan adalah bagi penyusun instrumen harusnya memperhatikan dengan baik prosedur penyusunan tes pilihan ganda, agar tes pilihan ganda yang dibuat dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya. Soal yang memiliki kelemahan baik dari segi materi, konstruksi, dan bahasa yang digunakan sebaiknya diperbaiki agar kemampuan instrumen tes untuk melihat pencapaian kompetensi siswa menjadi lebih optimal. Penelitian ini memungkinkan untuk dilanjutkan dengan lingkup penelitian yang lebih luas. Lingkup penelitian yang dimaksud dapat berupa lingkup sekolah, banyaknya variasi soal, maupun banyaknya peserta tes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Instrumen Tes, Ujian Madrasah (UM)
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 12:28
Last Modified: 07 Nov 2017 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27238

Actions (login required)

View Item View Item