MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MODIFIKASI PERKASBOL UNTUK SISWA KELAS V SDN SEKARAN 02 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN 2016


Ekayanti, 6102412016 (2016) MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MODIFIKASI PERKASBOL UNTUK SISWA KELAS V SDN SEKARAN 02 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102412016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil pengamatan dan observasi di SDN Sekaran 02 Gunungpati. Pembelajaran sepak bola yang belum maksimal, penyajian pembelajaran yang monoton, fasilitas sarana dan prasarana yang ada belum memenuhi kuota dan kurang menariknya pembelajaran sepak bola bagi siswi. Siswi kurang berminat dengan pembelajaran sepak bola. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perumusan masalahnya “Bagaimana Model Pembelajaran Sepak Bola Modifikasi Perkasbol untuk Siswa Kelas V SDN Sekaran 02 Gunungpati Semarang Tahun 2016”. Tujuannya membuat siswi tertarik dengan pembelajaran sepak bola, mempermudah siswi dalam melakukan keterampilan dasar sepak bola dan untuk menghasilkan pengembangan model sepak bola kelas V SDN Sekaran 02 Gunungpati Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data pengamatan dan observasi. Prosedurnya: (1) observasi awal, (2) mengidentifikasi permasalahan, (3) merumuskan permasalahan yang ada di lapangan, (4) pengembangan produk, (5) evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran, (6) revisi produk awal, (7) revisi produk akhir perkasbol. Instrumen berupa lembar evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran dan kuisioner siswa. Jenis data yang digunakan kuantitatif dan kulitatif. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase. Dari hasil validasi ahli penjas dan ahli pembelajaran kualitas model permain persentasenya 90% (baik). Evaluasi ahli penjas, gawang diperbaiki dengan pondasi yang kuat supaya tidak mudah roboh saat terkena tendangan keras. Evaluasi ahli pembelajaran, permainan dimainkan secara campuran siswa dan siswi .Hasil rata-rata pengamatan dan kuisioner siswa persentasenya 89,82% (baik). Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan, bahwa perkasbol dapat diterapkan sebagai model pembelajaran sepak bola dalam penjasorkes. Diharapkan perkasbol dapat digunakan oleh guru penjasorkse dalam pembelajaran sepak bola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sepak bola dan perkasbol
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 07 Nov 2017 12:23
Last Modified: 07 Nov 2017 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27236

Actions (login required)

View Item View Item