HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA SABILUL HUDA GUNTUR KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Ana Nur Fauziyah , 3201409004 (2016) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA SABILUL HUDA GUNTUR KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201409004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan utama dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar adalah motivasi dan aktivitas belajar dari peserta didik. Hal ini menyebabkan guru harus memilih model pembelajaran yang berbeda dan menarik agar siswa mampu untuk lebih memahami materi yang diberikan dan membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga mencapai hasil belajar yang diharapkan yaitu diatas nilai ketuntasan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Think-Talk-Write. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Think-Talk-Write dan (2) untuk mengetahui bagaimana hubungan aktivitas belajar dalam model pembelajaran Think-Talk-Write terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPS MA Sabilul Huda Guntur Kabupaten Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu pengambilan subjek dari wilayah ditentukan seimbang atau sebanding dengan banyaknya subjek dalam masing-masing wilayah. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 13% dari 261 siswa yaitu 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan analisis frekuensi dan uji statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan indikator aktivitas belajar siswa yang diamati dalam dua pertemuan proses pembelajaran dapat diketahui (1) aktivitas belajar siswa berada pada kategori tinggi. (2) untuk hasil belajar, nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,3 dengan kriteria tinggi. (3) ada hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran Think-talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai rxy 0,810 dan nilai r tabel 0,349 (rxy > rtabel). Simpulan yang dapat diungkap adalah (1) aktifitas belajar siswa dalam model Think-Talk-Write berada pada kategori tinggi. (2)terdapat hubungan yang sangat kuat antara aktivitas siswa dalam model Think-Talk-Write dengan hasil belajar geografi di MA Sabilul Huda Guntur. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa yang masih tergolong rendah dan sangat rendah perlu adanya perbaikan dengan cara terus melatih siswa agar berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan siswa dilatih untuk aktif merespon pendapat teman dan menjawab pertanyaan teman dalam diskusi. Guru hendaknya memberikan motivasi untuk aktif dalam setiap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Think-Talk-Write, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 12:12
Last Modified: 07 Nov 2017 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27233

Actions (login required)

View Item View Item