SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJASORKES TERHADAP PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2016


Ahmad Yusuf , 6102412006 (2016) SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJASORKES TERHADAP PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102412006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih belum berjalannya secara maksimal kegiatan aktivitas ritmik di sekolah dasar yang di karenakan oleh masih kurangnya tingkat pemahaman guru penjasorkes terhadap pembelajaran aktivitas ritmik di sekolah dasar. Maka dapat di rumusan masalahnya adalah Sejauh mana tingkat pemahaman guru penjasorkes terhadap pembelajaran aktivitas ritmik di sekolah dasar negeri se Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru penjasorkes terhadap pembelajaran aktivitas ritmik. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah tingkat pemahaman guru penjasorkes terhadap pembelajaran aktivitas ritmik di sekolah dasar negeri se Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan metode pengumpulan datanya menggunakan metode pengumpulan data angket Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SPSS penyajian data,untuk kemudian di tarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada: 1) pada tingkat pemahaman dasar aktivitas rimik dalam kategori sedang dengan presentase 58,82%; 2) pada tingkat pemahaman materi tarian dalam aktivitas ritmik dalam kategori sedang dengan presentase 44,11%; 3) pada pemahaman materi irama dalam aktivitas ritmik menunjukkan pada kategori sedang dengan presentase 58,82%; 4) kompetensi guru dalam mengadakan kegiatan aktivitas ritmik dalam kategori tinggi dengan presentase 58,82%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman guru penjasorkes terhadap pembelajaran aktivitas ritmik di sekolah dasar negeri se Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara tahun 2016 termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 64,70%. Saran dari hasil penelitian yang dapat di berikan peneliti adalah sebagai berikut: 1) untuk guru penjasorkes lebih meningkatkan lagi tingkat pemahaman materi penjasorkes khususnya mengenai materi aktivitas ritmik untuk lebih meningkatkan kompetensi dan pemahaman guru penjasorkes agar kedalaman materi khususnya mengenai aktivitas dapat ritmik lebih baik; 2) untuk pihak sekolah lebih memperhatikan lagi tingkat penegetahuan dan kompetensi guru penjasorkes yang ada disekolah, selain itu sekolah dapat menfasilitasi pengembangan diri guru penjasorkes dengan memberikan kegiatan khusus dalam peningkatan pemahaman dan kompetensi aktivitas ritmik; 3) untuk pemerintah dalam hal ini lingkup dinas pendidikan UPTD Kecamatan Tahunan di harapkan dapat mendukung dan memfasilitasi setiap kegiatan yang diadakan guru penjaorkes untuk dapat meningkatkan kompetensi dan mutu yang dimiliki guru penjasorkes, utamanya dalam kegiatan aktivitas ritmik karena termasuk dalam kriteria sedang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemahaman aktivitas ritmik
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 07 Nov 2017 12:05
Last Modified: 07 Nov 2017 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27232

Actions (login required)

View Item View Item