SURVEI PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN


Dandung Trihastoto, 6102411118 (2015) SURVEI PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik serta mewujudkan sekolah sehat sehingga dapat memberikan rasa nyaman bagi siswa dalam menimba ilmu. Hasil observasi di Sekolah Dasar se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen menunjukkan bahwa tidak sedikit anak yang tidak memperdulikan perilaku hidup bersih dan sehat serta tidak sedikit sekolah yang mengabaikan struktur organisasi UKS sesuai dengan pedoman pelaksanaan UKS. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Tahun 2015. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen dan sampel berjumlah 10 sekolah. Objek yang digunakan dalam pengambilan data yaitu 10 pembina UKS, 30 guru pengurus UKS, serta 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi lapangan, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan UKS di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen dalam kriteria baik dengan presentase 75,06%. Hal ini terlihat dari mekanisme organisasi UKS yang melibatkan semua unsur yang ada di sekolah dalam pelaksanaan pengorganisasian UKS, adanya pelaksanaan program kerja UKS yaitu Trias UKS yang bekerjasama dengan petugas kesehatan dari luar sekolah, dilaksanakannya pemantauan terhadap sarana dan prasarana UKS, serta adanya alokasi dana tersendiri untuk kegiatan UKS. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar se-Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen dalam kriteria baik. Hal ini terlihat dari beberapa indikator yaitu mekanisme organisasi UKS sebesar 72,15% termasuk dalam kriteria baik karena sudah melibatkan semua unsur yang ada di sekolah dalam pelaksanaan pengorganisasian UKS, pelaksanaan program kerja UKS sebesar 84,32% termasuk dalam kriteria sangat baik dengan adanya pelaksanaan Trias UKS yang bekerjasama dengan petugas kesehatan dari luar sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana UKS sebesar 77,04% termasuk dalam kriteria baik dengan adanya pemantauan terhadap sarana dan prasarana UKS, serta ketersediaan dana untuk pelaksanaan UKS sebesar 66,74% termasuk dalam kriteria baik dengan adanya alokasi dana tersendiri untuk kegiatan UKS. Saran yang dapat diberikan tingkatkan kerjasama dengan instansi atau lembaga terkait, orang tua dan masyarakat agar tujuan dari UKS dapat tercapai, dan perlu adanya alokasi dana secara terpadu dari seluruh sektor terkait dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 07 Nov 2017 12:00
Last Modified: 07 Nov 2017 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item View Item