EFFEKTIFITAS DAN KELAYAKAN WAHANA OLAHRAGA REKREASI DI CITRAELO RAFTING DAN ORANGUTAN OUTBOND DI KABUPATEN MAGELANG


Setiyarini Puput Handayani , 6102411116 (2016) EFFEKTIFITAS DAN KELAYAKAN WAHANA OLAHRAGA REKREASI DI CITRAELO RAFTING DAN ORANGUTAN OUTBOND DI KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411116.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk memahami kelayakan wisata sebagai sarana beraktivitas di suatu objek wisata. Pentingnya keselamatan berwisata maka perlu beberapa hal wajib dipenuhi seperti sarana dan prasarana, izin pendirian usaha dan pemandu yang ahli dibidangnya. Fokus dari penelitian ini adalah seperti apa effektifitas dan kelayakan yang ada pada Orangutan Outbond dan CitraElo Rafting tahun 2016.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Effektivitas hasil dari keberhasilan kedua wisata tersebut serta kelayakan sarana, tempat wisata, kemampan pemandu, dan wahana rekreasi olahraga yang terdapat di Orangutan Outbond dan CitraElo Rafting. Pendekatan yang dilakukan di penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi dan sasaran penelitian dilakukan di 2 tempat yaitu Orangutan Outbond dan CitraElo Rafting. Masing-masing penelitian menggunakan purposive sample. Wawancara dilakukan dengan pemilik, pemandu dan karyawan serta pengunjung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 3 metode observasi, wawancara, dan dokumentasi objek penelitian. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas, uji dependabilitas, uji transferabilitas, dan uji konfirmabilits. Proses analisis data dalam memunculkan 3 aktivitas: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi pengambilan data, verifikasi / pengambilan simpulan. Pelaksanaan kegiatan penelitian yang dilakukan di Orangutan Outbond dan CitraElo Rafting Meliputi: 1) kegiatan yang dilaksanakan sesuai tujuan, 2) pemandu dalam kategori baik untuk CitraElo yang memiliki pemandu sendiri di perusahaannya, 3).struktur organisasi dalam kategori baik untuk keduanya, 4) sarana dan prasana dalam kategori kurang untuk Orangutan Outbond sedangkan untuk CitraElo sudah baik, 5) kondisi bangunan serta fasilitas dalam kategori baik. Hal ini dapat diketahui melalui wawancara dan observasi yang dilakukan. Beberapa sampel yang didapat, perlengkapan sarana dan prasarana yang ada di Orangutan Outbond masih sangat kurang sedang kebutuhan untuk kegiatan dipasrahkan sepenuhnya oleh pemandu yang membantu kegiatan karena Orangutan Outbond belum memiliki pemandu sendiri. Orangutan Outbond masih dikatakan belum layak. Berbeda dengan CitraElo, untuk data yang telah di dapat CitraElo memiliki sarana dan prasarana sendiri dengan kondisi yang masih baik berdasakan pengamatan yang telah dilakukan, pemandu yang ada sudah mencukupi untuk melakukan kegiatan serta fasilitas dan kondisi bangungan yang baik sehingga CitraElo Rafting termasuk kategori baik. Simpulan untuk Orangutan Outbond dalam kategori kurang, CitraElo Rafting dalam kategori baik. Saran untuk kedua tempat wisata ini adalah terus memberikan kualitas serta tenaga ahli yang baik bagi para konsumen agar keselamatan dan kenyamanan dapat terus terjaga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Effektivitas, Kelayakan, Olahraga, Edukasi, Rekreasi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 07 Nov 2017 11:54
Last Modified: 07 Nov 2017 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27228

Actions (login required)

View Item View Item