PERBANDINGAN LATIHAN LOB BULUTANGKIS ANTARA LATIHAN INDIVIDU DAN KELOMPOK TERHADAP HASIL LOB ATLET PEMULA PB.PENDOWO SEMARANG TAHUN 2015/2016


Hendri Saputra, 6102411112 (2016) PERBANDINGAN LATIHAN LOB BULUTANGKIS ANTARA LATIHAN INDIVIDU DAN KELOMPOK TERHADAP HASIL LOB ATLET PEMULA PB.PENDOWO SEMARANG TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang 1) Latihan lob kurang efektif karena 2 lapangan untuk berlatih 16 atlit, 2) Keterbatasan pelatih, 3) Banyak atlit yang tidak aktif dan bermain sendiri, 4) Sarana prasarana kurang memadai. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana latihan pukulan lob individu terhadap ketrampilan lob? 2) bagaimana latihan pukulan lob kelompok terhadap ketrampilan lob? 3) bagaimana perbandingan latihan lob individu dan latihan lob kelompok terhadap hasil lob? 4) manakah bentuk latihan lob (individu dan kelompok) yang sesuai untuk klub pembinaan? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui latihan pukulan lob individu terhadap hasil lob 2) untuk mengetahui latihan pukulan lob kelompok terhadap hasil lob 3) untuk mengetahui perbandingan latihan lob individu dan kelompok teradap hasil lob Populasi dalam penelitian ini adalah atlet PB.Pendowo Semarang yang berjumlah 30 atlet. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu mengambil anggota populasi sebanyak 16 orang sebagai sampel penelitian. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yaitu latihan individu dan latihan kelompok sebagai variable bebas serta hasil latihan lob sebagai variable terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda (t-test). Berdasarkan data penelitian diatas 1) bahwa semua indikator mempunyai nilai r hitung> r tabel, 2) pengujian validitas butir tes pre dan post test menunjukan bahwa semua indikator mempunyai nilai r hitung> r tabel 3) ada perbandingan latihan individu dan kelompok terhadap hasil latihan lob PB Pendowo Semarang tahun 2016 dibuktikan dari hasil uji t hitung latihan individu =2,507 dan t hitung latihan kelompok =11,104, jadi t hitung latihan individu < t hitung latihan kelompok. Diantara latihan individu dan kelompok terhadap hasil lob atlet pemula PB.Pendowo Semarang yang memberikan hasil lebih baik adalah latihan kelompok Saran 1) Dalam upaya meningkatkan kemampuan melakukan pukulan lob pada permainan bulutangkis dapat menggunakan metode latihan dengan kelompok, karena metode latihan lob kelompok lebih baik dibandingkan latihan lob individu. 2) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis diharapkan untuk mengambil metode latihan yang lain seperti pendekatan bermain sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pembanding untuk mendapatkan metode yang paling baik dalam meningkatkan latihan pukulan lob. Simpulan Hasil lob kelompok lebih baik dari pada lob individu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil lob bulutangkis
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 07 Nov 2017 11:49
Last Modified: 07 Nov 2017 11:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27227

Actions (login required)

View Item View Item