PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ENGKLEK MENGGUNAKAN MUSIK INSTRUMENTAL UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELOMPAT PADA SISWA KELAS V MI AL IMAN BANARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


MARDHANI PUTRA MASHUDHI, 6102411108 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ENGKLEK MENGGUNAKAN MUSIK INSTRUMENTAL UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELOMPAT PADA SISWA KELAS V MI AL IMAN BANARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa mengeluh dan kurang bersemangat dalam pembelajaran lompat jauh. Beberapa siswa cenderung kurang aktif, mereka pada saat pembelajaran lompat jauh merasa cepat bosan dan hanya duduk di tepi lapaangan. Pelajaran yang diberikan belum dikemas dalam modifikasi sehingga dijumpai siswa yang kurang antusias , bosan dan malas untuk bergerak. Sarana dan prasarana seperti lintasan lompat jauh yang tidak layak karena lintasan pasir yang sudah mengeras. Untuk itu dapat ditarik rumusan masalah : Bagaimana model pembelajaran Gerak Dasar Melompat dengan Permainan Engklek menggunakan musik di MI Al Iman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa pengembangan model pembelajaran gerak dasar melompat dengan permainan Engklek memggunakan musik pada siswa kelas V MI Al Iman. Penelitian ini dilakukan di MI Al Iman Banaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan menggunakan populasi 20 siswa pada uji lapangan . Pada uji skala kecil menggunakan 10 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan model yang akan di hasilkan, adapun prosedur/langkah-langkahnya sebagai berikut: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba kelompok kecil dan revisi produk; dan (5) uji coba kelompok besar dan produk akhir. Berdasarkan dari hasil analisis data evaluasi ahli Penjasorkes dan ahli pembelajaran didapat rata-rata persentase 81,35%. Hasil analisis data kuesioner uji coba skala kecil didapat rata-rata persentase 86,66%, hasil analisis data kuesioner uji coba skala besar rata-rata persentase sebesar 97,5%. Hasil analisis lembar pengamatan skala kecil didapat rata-rata presentase sebesar 79,69%, sedangkan skala besar didapat rata-rata presentase sebesar 90,63%. Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa model permainan Engklek menggunakan musik ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran permainan lompat jauh bagi siswa kelas V MI AL IMAN. Berdasarkan hasil penelitian di atas , diharapkan bagi guru penjas di sekolah dasar untuk menggunakan produk permainan Engklek menggunakan musik ini sebagai alternatif pembelajaran pemanasan lompat jauh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Engklek Musik, Gerak Dasar Melompat
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 07 Nov 2017 11:36
Last Modified: 07 Nov 2017 11:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27226

Actions (login required)

View Item View Item