MINAT MAHASISWA DAN ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PADA PROGRAM SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR DAN TERTINGGAL


FEBRIAN LUFIANTO , 5101409040 (2016) MINAT MAHASISWA DAN ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG PADA PROGRAM SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR DAN TERTINGGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101409040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Faktor Ekstrinsik Pendidikan adalah salah satu sasaran utama pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan wilayah luas dan heterogen, secara geografis maupun sosial kultur memerlukan upaya tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan, di antaranya permasalahan pendidikan. Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T) merupakan salah satu program yang dirintis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka mempercepat pembangunan pendidikan di daerah 3T. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan adalah salah satu program studi pendidikan tinggi yang merupakan penyediaan tenaga akademik profesional di bidang Teknik Bangunan. Mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan calon guru profesional yang harus siap ditempatkan mengajar dimana saja, termasuk di daerah 3T. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman terhadap program SM-3T dan mengetahui minat untuk menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan UNNES. Populasi pada penelitian ini sebanyak 259 mahasiswa dan lulusan angkatan 2009, 2010 dan 2011 program studi pendidikan teknik bangunan UNNES. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Disproportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa dan alumni Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Semarang pada Program SM-3T sebesar 67,91%, termasuk pada kategori cukup berminat. Faktor yang mempengaruhi, dorongan faktor intrinsik (50,50%) lebih dominan dari pada dorongan faktor ekstrinsik (49,50%). Disarankan kepada pihak yang berwenang dalam penyelenggaraan Program SM-3T untuk meningkatkan sosialisasi dan lebih dini dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program SM-3T, Minat Mahasiswa dan Alumni, Faktor Intrinsik,
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Nov 2017 19:08
Last Modified: 06 Nov 2017 19:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27224

Actions (login required)

View Item View Item