IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK I SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2014/2015


Adhi Pradana Ramadhan , 5101409008 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK I SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101409008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Pendidikan berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang martabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah peningkatan prestasi belajar kelas X TGB pada pokok bahasan menghitung tegangan pada mata pelajaran mekanika teknik serta Bagaimana tanggapan siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar pada kompetensi dasar mengalisa dan menghitung tegangan pada struktur pelajaran mekanika teknik dan untuk mengetahui tanggapan siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pretest and posttest group design. Dalam penelitian ini terdapat variabel bebas yaitu implementasi model pembelajaran berbasis masalah, dan variabel terikat yaitu hasil belajar mekanika teknik. Penelitian dilaksanakan di SMK N 1 Kedungwuni dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan Tahun ajaran 2014/2015 yang diambil sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 64 siswa, 32 siswa kelas X TGB 1 (Kelas Kontrol) dan 32 siswa Kelas X TGB 2 (Kelas Eksperimen). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Dari data instrument tes data analisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (α)=0,05, didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,276 > 2,000, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berdasarakan masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar mekanika teknik. Dari analisis tanggapan siswa dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran berbasis masalah siswa lebih tertarik, termotivasi dan lebih mudah dalam memahami materi atau konsep yang telah dipelajari yaitu materi mengalisis dan menghitung tegangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Nov 2017 18:48
Last Modified: 06 Nov 2017 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27221

Actions (login required)

View Item View Item