PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2013 / 2014


Yulianti Eka Pratiwi , 5101408034 (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101408034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru khususnya pada mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar pada kompetensi dasar mengintegrasikan macam – macam gambar proyeksi di kelas X di SMK Negeri 1 Kedungwuni masih menggunakan metode pembelajaran konvesional. Guru jarang memanfaatkan lingkungan di sekitar kelas sebagai sumber belajar dan jarang mengajak siswa untuk melakukan diskusi kelompok dalam pembelajaran mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif yaitu metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat mempengaruhi prestasi belajar pada siswa program keahlian TGB di kelas X di SMK Negeri 1 Kedungwuni. Penelitian dilakukan dengan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Populasi penelitian adalah seluruh siswa program keahlian TGB di kelas X di SMK Negeri 1 Kedungwuni. Sampel penelitian diambil dengan cara undian untuk menentukan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang akan digunakan dalam penelitian. Prosedur penelitian: persiapan, pelaksanaan, pengambilan data, serta analisis. Cara pengambilan data: pre test, post tes. Metode analisis data: uji perbedaan rata – rata ( uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji perbedaan rata – rata (uji t) di peroleh bahwa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata 82,03 sedangkan untuk kelas kontrol mencapai nilai rata -rata ketuntasan belajar yaitu78,89. Selanjutnya hasil analisis menunjukan bahwa uji perbedaan rata – rata ( uji t) berbeda secara signifikan, jadi dapat di simpulkan bahwa nilai rata – rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan dengan nilai rata - rata prestasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Menggambar Teknik Dasar pada kompetensi dasar mengintegrasikan macam – macam jenis proyeksi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan nilai prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Tutor Sebaya
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 06 Nov 2017 18:31
Last Modified: 06 Nov 2017 18:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27215

Actions (login required)

View Item View Item