PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA MATERI POKOK PERKEMBANGAN IDEOLOGI DAN ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BOBOTSARI TAHUN AJARAN 2015/2016
Permata Ajeng Pangestika , 3101412145 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA MATERI POKOK PERKEMBANGAN IDEOLOGI DAN ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 BOBOTSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Indonesia Studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bobotsari menunjukkan bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah materi pokok perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia masih terbatas pada media powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bobotsari terhadap media pembelajaran, mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran komik sejarah Pergerakan Nasional Indonesia, menghasilkan komik sejarah Pergerakan Nasional Indonesia yang layak digunakan sebagai media pembelajaran, dan mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran komik sejarah Pergerakan Nasional Indonesia materi pokok perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Bobotsari. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) yaitu melalui tahapan identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi, uji coba produk. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif untuk studi pendahuluan guna memperoleh data mengenai potensi dan masalah, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui tingkat kelayakannya dari penilaian validator serta respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran. Uji coba produk dilakukan pada 36 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bobotsari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa mengindikasikan bahwa perlu dikembangkannya media pembelajaran yang lebih praktis, inovatif, dan kreatif. Media pembelajaran komik sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dikembangkan dengan memadukan dua software yaitu Photoshop CS 6 dan Corel Draw X7. Penilaian validator menunjukkan bahwa media komik sejarah pergerakan nasional Indonesia layak digunakan sebagai media pembelajaran.Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran komik sejarah pergerakan nasional Indonesia. Maka media komik sejarah pergerakan nasional Indonesia layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Komik Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia |
Subjects: | L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 15:04 |
Last Modified: | 06 Nov 2017 15:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27209 |
Actions (login required)
View Item |