PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH DENGAN MENAMPILKAN EKSISTENSI BANGUNAN PENINGGALAN MASA KOLONIAL DI LASEM MENGGUNAKAN BOOKLET PADA POKOK BAHASAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BELANDA DI INDONESIA PADA SMAN 1 LASEM


Rahmad Ardiansyah , 3101412143 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH DENGAN MENAMPILKAN EKSISTENSI BANGUNAN PENINGGALAN MASA KOLONIAL DI LASEM MENGGUNAKAN BOOKLET PADA POKOK BAHASAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BELANDA DI INDONESIA PADA SMAN 1 LASEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412143.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Observasi yang dilakukan peneliti di SMAN 1 Lasem mendapatkan kesimpulan bahwa Guru sejarah di SMAN 1 Lasem mengalami kesulitan dalam menerangkan sejarah lokal karena tidak adanya bahan ajar yang menjelaskan sejarah lokal Lasem. Pada materi Kolonialisme Belanda, Guru sejarah juga sangat jarang menerangkan peristiwa penting di Lasem karena sejarah lokal dipinggirkan dari pada sejarah nasional. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar sejarah lokal Lasem pada materi Kolonialisme dan Imperialisme bangsa barat di Indonesia dalam bentuk booklet. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan bahan ajar sejarah eksistensi bangunan peninggalan kolonialisme Belanda di Lasem dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli materi dan media. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau RnD (research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembuatan bahan ajar booklet melalui beberapa tahapan pengembangan bahan ajar yang baik (2) penilaian ahli materi dari aspek kelayakan isi diperoleh skor 91%, kelayakan penyajian 86% dan kelayakan bahasa 84%. Sedangkan ahli media dari aspek kelayakan kegrafikan diperoleh skor 91% artinya sudah sangat baik. Tanggapan guru didapati bahwa booklet yang dikembangkan peneliti sudah cukup bagus dan layak untuk dipergunakan sebagai acuan bahan ajar sejarah lokal di Kabupaten Rembang. Berdasarkan beberapa simpulan diatas, saran yang dapat diberikan peneliti yaitu (1) Guru hendaknya selain memberikan materi terkait dengan silabus juga memperhatikan sejarah lokal sebagai unsur tambahan dalam pembelajaran sejarah (2) bahan ajar booklet yang dikembangkan peneliti dapat digunakan sebagai bahan ajar sejarah lokal di Kabupaten Rembang dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 14:46
Last Modified: 06 Nov 2017 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27207

Actions (login required)

View Item View Item