PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAN SEBAGAI PENEGAKAN HAK BANGSA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IIS DI SMA/ MA KABUPATEN PEMALANG


Tri Devi , 3101412126 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAN SEBAGAI PENEGAKAN HAK BANGSA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IIS DI SMA/ MA KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412126.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurang tersedianya bahan ajar yang sesuai kurikulum, karakteristik sasaran dan kebutuhan siswa. Akibat kurang tersedianya bahan ajar yang sesuai kebutuhan menjadikan pengetahuan yang diperoleh siswa terbatas karena belajar dari sumber belajar yang terbatas. Untuk mengatasi permaslahan tersebut diperlukan adanya pengembangan bahan ajar materi pokok proklamasi Kemerdekaan sebagai Penegakan Hak Bangsa Indonesia. Bahan ajar berupa atlas sejarah adalah bahan ajar tergolong baru bagi siswa yang dapat menjadi bahan ajar tambahan atau buku referensi yang dapat mengatasi minimnya bahan ajar untuk kelas XI IPS. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan dan menganalisis bahan ajar yang digunakan selama ini (2) menghasilkan dan menganalisis bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada materi pokok Proklamasi Kemerdekaan sebagai Penegakan Hak Bangsa Indonesia. (3) mengetahui dan menganalisis kelayakan dari bahan ajar yang dikembangkan Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development Penelitian ini terdiri dari tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Sumber data yang diperoleh berasal dari informan, dokumen dan proses. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, studi dokumen, observasi dan angket. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi teori serta validitas konstruk. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif, dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan berupa atlas sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia mendapat penilaian layak katergori baik dari para ahli dan praktisi yaitu sebesar 82,01 serta mendapat respon positif dari siswa kelas XI IIS 4 di MAN Pemalang sebesar 86,43 % kategori sangat baik dan SMA N 3 Pemalang sebesar 83,68 % kategori sangat baik. Dari hasil tersebut bahan ajar berupa atlas sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia layak digunakan dalam pembelajaran sejarah dikelas Saran dalam penelitian ini adalah guru mau mengembangkan bahan ajar yang kreatif dan inovatif agar pembelajaran tidak monoton dan dapat menarik minat siswa , siswa lebih aktif mempelajari berbagai macam bahan ajar dan buku referensi sehingga mendapat pengetahuan yang luas dan beragam , serta hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan positif bagi pengembangan bahan ajar berupa atlas sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, proklamasi kemerdekaan
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 14:23
Last Modified: 06 Nov 2017 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27206

Actions (login required)

View Item View Item