ANALISIS MEDIA YANG DIGUNAKAN GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA DUA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (STUDI KASUS PADA SMA KOLOSE LOYOLA SEMARANG DAN SMA NEGERI 5 SEMARANG)


Udin Winarno , 3101412124 (2016) ANALISIS MEDIA YANG DIGUNAKAN GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA DUA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (STUDI KASUS PADA SMA KOLOSE LOYOLA SEMARANG DAN SMA NEGERI 5 SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412124.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu unsur penting dalam pembelajaran sejarah. Karna media pembelajaran memiliki fungsi untuk memudahkan guru dalam penyampaian materi kepada peserta didik. Keragaman media yang digunakan guru sejarah bergantung pada ketersediaan media dan kekreatifitasan guru disekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan/pertimbangan guru dalam menentukan media dalam pembelajaran sejarah? (2) Bagaimanakah kesesuaian antara materi dan penggunaan media dalam pembelajaran sejarah? (3) Bagaimanakah upaya penentuan kebutuhan media dalam pembelajaran sejarah? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Kolose Loyola Semarang dan SMA Negeri 5 Semarang. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah, wakil kepala sekolah bidang sararana prasarana, dan peserta didik SMA Kolose Loyola Semarang dan SMA Negeri 5 Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) observasi langsung, (2) wawancara langsung, (3) dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pertimbangan guru dalam menentukan media di SMA Kolose Loyola Semarang berdasarkan materi yang akan diajarkan, kondisi siswa dan RPP, sedangkan SMA Negeri 5 Semarang melihat dari materi yang akan diajarkan (2) kesesuian materi dengan media yang digunakan, di SMA Kolose Loyola Semarang adalah penggunaan buku paket dan video G 30S/PKI, SMA Negeri 5 Semarang Power Point dan video pertempuran sesuai materi yang sedang diajarkan (3) upaya penentu kebutuhan media pembelajaran di SMA Kolose Loyola sudah melibatkan guru untuk memberi masukan kepada sekolah dan yayasan akan kebutuhan dan program yang direncanakan untuk agenda setahun kedepan, sedangkan di SMA Negeri 5 Semarang guru sejarah kurang dilibatkan, mengandalkan kekreatifitasan guru dan siswa, serta media yang telah disediakan. Saran dari peneliti yaitu (1) sekolah harus menyediakan fasilitas yang memadai (2) guru harus intens menggunakan media pembelajaran (3) guru sejarah harus diberi andil dalam pengajuan media pembelajaran yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Guru Sejarah, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 14:08
Last Modified: 06 Nov 2017 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27205

Actions (login required)

View Item View Item