PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN USAHA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA TAHUN 1945 PADA SISWA KELAS IX SMP KESATRIAN 1 SEMARANG DAN SMPN 3 SINGOROJO KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Yunita Khusnulia Wardani , 3101412115 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN USAHA MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA TAHUN 1945 PADA SISWA KELAS IX SMP KESATRIAN 1 SEMARANG DAN SMPN 3 SINGOROJO KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412115.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS Sejarah di berbagai tingkat sekolah adalah penyampaian materi mengenai peristiwa-peristiwa sejarah oleh guru kepada siswa. Metode yang digunakan oleh guru pun tidak jarang hanya menggunakan ceramah, sehingga menimbulkan kejenuhan pada siswa selama mengikuti pelajaran sejarah. Berdasarkan hasil observasi maka didapatkan latar belakang penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar sejarah pada materi Pertempuran Lima Hari di Semarang dan Pertempuran Ambarawa pada siswa SMP Kelas IX. Maka dari itu, peneliti berminat untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk majalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kondisi bahan ajar IPS Sejarah yang digunakan pada siswa kelas IX SMP Kesatrian 1 Semarang dan SMPN 3 Singorojo Kendal, (2) Mengetahui pengembangan bahan ajar IPS Sejarah pokok bahasan usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia tahun 1945 pada kelas IX SMP Kesatrian 1 Semarang dan SMPN 3 Singorojo Kendal, (3) Mengetahui kelayakan bahan ajar majalah IPS Sejarah pokok bahasan usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia tahun 1945 pada kelas IX SMP SMP Kesatrian 1 Semarang dan SMPN 3 Singorojo Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (Rnd). Pendekatan penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Rumusan masalah kedua, mengenai perkembangan bahan ajar IPS Sejarah dan kelayakan bahan ajar, peneliti menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (RnD) dan yang terakhir, menjawab rumusan masalah ketiga dengan menggunakan metode kuantitatif angket validasi dari ahli serta guru dan angket siswa yang dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kondisi bahan ajar di SMP Kesatrian 1 Semarang dan SMPN 3 Singorojo Kab. Kendal yang masih perlu adanya pengembangan bahan ajar, (2) Pengembangan bahan ajar yang dikembangkan dalam bentuk majalah, (3) Kelayakan bahan ajar dinilai layak oleh ahli materi, desain, guru dan siswa. Bahasa yang mudah dimengerti, adanya gambar-gambar dan games membuat siswa tertarik akan bahan ajar majalah ini. Saran yang diberikan dalam pengembangan bahan ajar majalah ini adalah bahan ajar majalah ini dapat menjadi referensi pembelajaran dalam materi Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan fokus kajian Pertempuran Lima Hari di Semarang dan Pertempuran Ambarawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Sejarah, Majalah, Pertempuran Lima Hari di Semarang, Pertempuran Ambarawa
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 14:01
Last Modified: 06 Nov 2017 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27203

Actions (login required)

View Item View Item