PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN FREEBALL DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS IV SD LABSCHOOL UNNES TAHUN PELAJARAN 2015


Muhammad Hajar Hanggara, 6102411106 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN FREEBALL DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS IV SD LABSCHOOL UNNES TAHUN PELAJARAN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411106.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan jasmani pada materi sepak bola masih kurangnya suatu variasi atau modifikasi suatu permainan dalam pembelajaran, sehingga siswa merasa jenuh, kurang termotivasi dan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga kurang efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana permainan freeball dapat mengatasi masalah kurangnya minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, serta membentuk modifikasi permainan sepakbola yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD Labschool Unnes. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran sepakbola berupa permainan freeball untuk mengatasi kurang aktif dan minat siswa yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD Labschool Unnes Semarang dalam pembelajaran penjaskes. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg dan Gall dalam Sugiyono yaitu: (1) Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi. Termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan freeball). (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis. (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti. (5) Uji coba lapangan. (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan. (7) Hasil akhir model pembelajaran sepakbola melalui permainan freeball bagi siswa kelas IV sekolah dasar (SD) yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 74% (baik), ahli pembelajaran 80% (baik), uji coba skala kecil 77% (baik), dan uji coba skala besar 91% (baik). Dari data yang diperoleh pada uji skala besar aspek kognitif 91% (sangat baik),Psikomotor 78% (baik) dan afektif 98% (sangat baik). Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa model permainan freeball ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran permainan sepakbola bagi siswa terutama siswa sekolah dasar dan seluruh masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru pendidian jasmani di sekolah dasar untuk menggunakan produk permainan freeball ini sebagai alternatif pembelajaran permainan sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sepakbola, Permainan freeball
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 06 Nov 2017 14:01
Last Modified: 06 Nov 2017 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27201

Actions (login required)

View Item View Item