PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN MODISCO BALL DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD LABSCHOOL UNNES TAHUN PELAJARAN 2015


Badharudin Hag Malabara , 6102411105 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN MODISCO BALL DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD LABSCHOOL UNNES TAHUN PELAJARAN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran penjas pada materi sepakbola masih kurangnya suatu variasi atau modifikasi suatu permainan dalam pembelajaran, sehingga siswa merasa jenuh,kurang termotivasi dan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga kurang efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana permainan modisco ball dapat mengatasi masalah kurangnya minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran PJOK, serta membentuk modifikasi permainan sepakbola yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD Labschool Unnes.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran sepakbola berupa permainan modisco ball untuk mengatasi kurang aktif dan minat siswa dan membentuk modifikasi yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD Labschool Unnes Semarang dalam pembelajaran penjaskes. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Sugiyono yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan yang mana dihasilkan permasalahan seperti, siswa lebih cenderung diam dalam permainan dan kurang minimnya modifikasi dalam pembelajaran (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan modisco ball, (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (18 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba skala besar (45 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba skala besar, (7) hasil akhir model permainan modisco ball bagi siswa kelas V SD Labschool Unnes Semarang . Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 77% (baik), ahli pembelajaran 69% (Cukup baik), uji coba skala kecil 73% (baik), dan uji coba skala besar 80% (baik). Dari data yang diperoleh pada uji skala besar aspek kognitif 84% (baik),Psikomotor 76% (baik) dan afektif 97% (sangat baik). Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa model permainan modisco ball ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran permainan sepakbola bagi siswa kelas V SD Labschool Unnes Semarang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjas di sekolah dasar untuk menggunakan produk permainan modisco ball ini sebagai alternatif pembelajaran permainan sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sepakbola, Permainan modisco ball.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 06 Nov 2017 13:15
Last Modified: 06 Nov 2017 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item