PENINGKATAN HASIL BELAJAR FOREHAND DAN BACKHAND DALAM TENIS MEJA MELALUI MODIFIKASI PANTULAN DINDING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PENANGGULAN PEGANDON KENDAL TAHUN AJARAN 2015


Rifki Muslim, 6102411097 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FOREHAND DAN BACKHAND DALAM TENIS MEJA MELALUI MODIFIKASI PANTULAN DINDING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PENANGGULAN PEGANDON KENDAL TAHUN AJARAN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum mampu melakukan forehand dan backhand tenis meja, selain itu banyak dari siswa yang belum tuntas KKM dengan nilai KKM 70. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang adalah sebagai berikut Apakah penerapan melalui modifikasi pantulan dinding dapat meningkatkan hasil pembelajaran tenis meja pada siswa kelas V SD Penanggulan Pegandon Kendal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Penanggulan Pegandon Kendal melalui penerapan modifikasi pantulan dinding. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 langkah yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD Penanggulan Pegandon Kendal berjumlah 30 siswa, terdiri atas 19 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes pembelajaran bermain tenis meja pantulan dinding. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pembelajaran melalui penerapan modifikasi pantulan dinding, dapat meningkatkan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Penanggulan Pegandon Kendal. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 53,33% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 83,33%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui modifikasi pantulan dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Penanggulan Pegandon Kabupaten Kendal. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Beberapa saran, khususnya pada guru SD Penanggulan Pegandon Kendal adalah sebagai berikut Guru hendaknya lebih inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru hendaknya memberikan pembelajaran kepada siswa dengan permainan yang sederhana tetapi mengandung unsur materi, agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya memberikan modifikasi alat pembelajaran yang sederhana, efisien, efektif, dan tidak memerlukan biaya mahal supaya siswa lebih semangat dan giat dalam berlatih pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Forehand, Backhand, Tenis Meja Pantulan Dinding
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 06 Nov 2017 13:22
Last Modified: 06 Nov 2017 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27199

Actions (login required)

View Item View Item