SURVEY PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL PUTRI SMA/SMK NEGERI se-KOTA SEMARANG TAHUN 2015


Sonia Aristia Mega Pratiwi , 6102411093 (2016) SURVEY PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL PUTRI SMA/SMK NEGERI se-KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini, yaitu futsal merupakan olahraga yang berkembang selain kaum pria juga sekarang diminati oleh kaum perempuan tetapi, perkembangannya tidak diikuti dengan pembinaan yang baik dilihat dari minimnya SMA/SMK Negeri se-Kota Semarang yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler futsal putri dan masih ada sekolah yang belum dapat meraih prestasi. Hasil prestasi terbaik didukung dengan adanya pembinaan. Dalam pembinaan diperlukannya pelatih, sarana dan prasarana, pengorganisasian dan pendanaan serta program latihan. Fokus permasalahan penelitian ini yaitu bagaimanakah pembinaan ekstrakurikuler futsal putri SMA/SMK Negeri se-Kota Semarang Tahun 2015. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pembinaan ekstrakurikuler futsal putri SMA/SMK Negeri se-Kota Semarang tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survey. Lokasi penelitian ini di SMA/SMK Negeri se-Kota Semarang yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler futsal putri. Sasaran penelitian ini adalah kepala sekolah, pelatih dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode observasi, kuesioner atau angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai proses pembinaan ekstrakurikuler futsal putri SMA/SMK Negeri se-Kota Semarang tahun 2015 adalah: 1) Pelatih yang menangani ekstrakurikuler futsal putri kurang baik karena belum memiliki sertifikasi kepelatihan, 2) Sarana dan Prasarana yang dimiliki cukup memadai, 3) Pengorganisasian sudah berjalan dengan baik adanya susunan pengurus dengan pembagian tugas yang jelas dan pendanaan sumber dari dana BOS dan iuran siswa, 4) Program latihan sudah baik sesuai dengan program latihan yang sudah ada. Simpulan penelitian ini yaitu pembinaan ekstrakurikuler futsal putri SMA/SMK Negeri se-Kota Semarang tahun 2015 belum berjalan dengan baik. Adapun saran untuk meningkatkan pembinaan ekstrakurikuler futsal putri SMA/SMK Negeri se-Kota Semarang : 1) Pelatih harus mengikuti sertifikasi kepelatihan untuk meningkatkan kualitas pelatih, 2) Sarana dan prasarana yang ada lebih ditingkatkan untuk menunjang prestasi atlet, 3) Pengorganisasian dari pihak sekolah dengan pelatih menjaga komunikasi supaya memiliki tujuan sama dan pendanaan bisa melakukan kerjasama dengan pihak lain, 4) Program latihan harus memberikan program – program latihan yang lebih berkualitas lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survey, Ekstrakurikuler, Futsal Putri
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 06 Nov 2017 13:01
Last Modified: 06 Nov 2017 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27197

Actions (login required)

View Item View Item