PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN EKOR NAGA DALAM PEMBELAJARAN DRIBBLING SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V MI AL IMAN BANARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015


Wahyu Sabtia Noorrindho , 6102411091 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN EKOR NAGA DALAM PEMBELAJARAN DRIBBLING SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V MI AL IMAN BANARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan guru penjas di MI Al Iman, latar belakang penelitian ini adalah siswa putri kurang bersemangat dalam pembelajaran sepak bola, siswa putri cenderung kurang aktif, mereka pada saat pembelajaran sepak bola merasa cepat bosan dan hanya duduk ditepi lapangan, pembelajaran yang diberikan belum dikemas dalam modifikasi sehingga dijumpai siswa yang kurang antusias, bosan dan malas untuk bergerak, sarana dan prasarana seperti bola hanya terdapat dua buah bola standart yang salah satunya bocor dan satunya sangat keras apabila ditendang, lapangan yang digunakan terbuat dari paving. Untuk itu dapat ditarik rumusan masalah : Bagaimana pengembangan model permainan ekor naga dalam pembelajaran dribbling sepak bola pada siswa kelas V MI Al Iman ? Tujuan dalam penelitian ini untuk membuat pengembangan model permainan ekor naga dalam pembelajaran dribbling sepak bola pada siswa kelas V MI Al Iman. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari (Sugiyono, 2015:407) yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan ekor naga), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (12 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba skala besar (27 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba skala besar, (7) hasil akhir model permainan ekor naga bagi siswa kelas V MI Al Iman yang dihasilkan melalui revisi uji coba skala besar. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, skala kecil ahli penjas 75% (baik), ahli pembelajaran 77,33% (baik), uji coba skala kecil 76,165% (baik), dan skala besar ahli penjas 75% (baik), ahli pembelajaran 85,33% (baik), uji coba skala besar 80,165% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan ekor naga ini dapat digunakan bagi siswa MI Al Iman. Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa model permainan ekor naga ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran permainan sepakbola bagi siswa kelas V MI Al Iman. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjas di sekolah dasar untuk menggunakan produk permainan ekor naga ini sebagai alternatif pembelajaran dribbling permainan sepakbola.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 06 Nov 2017 12:54
Last Modified: 06 Nov 2017 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27196

Actions (login required)

View Item View Item