KENDALA-KENDALA GURU SEJARAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN MRANGGEN TAHUN 2015-2016


Muhammad Eko Aris Munandar , 3101412112 (2016) KENDALA-KENDALA GURU SEJARAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN MRANGGEN TAHUN 2015-2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah pendidikan terdapat sebuah kurikulum. Di Indonesia terjadi perubahan kurikulum, dari KTSP ke Kurikulum 2013, hal ini membuat guru sejarah di SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen mengalami kendala dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini mengungkap (1). Bagaimana pemahaman guru sejarah SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen mengenai kurikulum 2013. (2).kendala-kendala yang dijumpai guru sejarah SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen dalam mengimplementaiskan kurikulum 2013. (3). Bagaimana cara guru sejarah SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen mengatasi kendala-kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui pemahaman guru sejarah SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen mengenai kurikulum 2013. (2). Untuk mengetahui kendala-kendala guru sejarah SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. (3). Untuk mengetahui cara guru sejarah SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen mengatasi kendala-kendala dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, untuk memperoleh data digunakan metode observasi partisipasif, wawancara mendalam, studi dokumentasi. Untuk menguji objektifitas dan keabsahan data digunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber data yang sama. Analis data menggunakan model analisis interaksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman guru sejarah di SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen sudah baik. Dalam pelaksanaanya terdapat kendala-kendala, seperti kendala menyusun RPP, kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dan kendala dalam penilaian. Guru-guru sejarah di SMA N Negeri se-Kecamatan Mranggen mempunyai cara untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1). Kurikulum 2013 masih sangat perlu adanya pelatihan-pelatihan terhadap guru-guru di SMA Negeri se-Kecamatan Mranggen, terutama dalam hal penilaian. Karena di kurikulum 2013 penilaianya sangat mendetail. (2). Perlunya sarana dan prasarana sekolah yang mendukung untuk menerapkan kurikulum 2013, sebab di kurikulum 2013 ini siswa dituntut aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Kendala Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 12:13
Last Modified: 06 Nov 2017 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item