PERSEPSI SISWA TENTANG TOKOH BUNG TOMO DALAM PERANG MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BOJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Eko Nur Aviyatmi , 3101412111 (2016) PERSEPSI SISWA TENTANG TOKOH BUNG TOMO DALAM PERANG MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BOJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412111.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengenalan pahlawan nasional pada pembelajaran sejarah untuk membentuk karakter pada peserta didik, salah satunya yaitu Bung Tomo. Berdasarkan latar belakang penelitian, permasalahan yang akan dikaji adalah (1) Bagaimana pembelajaran sejarah di SMA N 1 Boja pada pokok bahasan usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia; (2) Bagaimana persepsi siswa tentang tokoh Bung Tomo sebagai tokoh yang terlibat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Boja. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling yang ditujukan kepada beberapa guru sejarah serta beberapa siswa kelas XI IPS. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode, serta analisis data yang digunakan yaitu analisis interaksi oleh Miles and Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran sejarah materi usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Boja menggunakan metode ceramah, pada pembelajaran sejarah guru memperkenalkan salah satu pahlawan nasional yaitu Bung Tomo agar siswa dapat mencontoh sikap dan perilaku dari pahlawan tersebut. (2) Persepsi siswa tentang tokoh Bung Tomo dalam perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia bersifat positif. Berdasarkan simpulan penelitian disarankan sebagai berikut: guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi serta model pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa agar siswa tidak merasa jenuh dan mengantuk saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran Sejarah, Tokoh Bung Tomo
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 12:08
Last Modified: 06 Nov 2017 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27193

Actions (login required)

View Item View Item