PENGARUH PEMANFAATAN SITUS CANDI PLAOSAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI GROUP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016


Andika Lingga Pradana , 3101412106 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN SITUS CANDI PLAOSAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI GROUP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412106.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian awal menunjukkan minat belajar siswa SMA N 1 Prambanan terhadap sejarah kurang, mereka merasa pelajaran sejarah membosankan, karena model pembelajaran yang cenderung monoton dengan ceramah. Dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran baru dengan model investigasi group memanfaatakan situs Candi Plaosan sebagai sumber belajar. Dapat dituliskan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pemanfaatan situs Candi Plaosan sebagai sumber belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran investigasi group? (2) Bagaimana minat belajar siswa kelas XI SMA N 1 Prambanan? (3) adakah pengaruh pemanfaatan situs Candi Plaosan sebagai sumber belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran invetigasi group terhadap minat belajar siswa kelas XI SMA N 1 Prambanan? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Quasi Eksperimen, dimana Populasi Penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 1 Prambanan, Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 4 sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan model angket (kueseoner) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test control group design. Sebagai variabel bebasnya adalah pemanfaatan situs Candi Plaosan sebagai sumber belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaran investigasi group. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil persamaan regresi linear sederhana: Y = 78,475 + 0,546X dan uji hipotesis diperoleh nilai F hitung = 12,901 dengan sig = 0,001 < taraf sig 5%, jadi Ho ditolak, Ha diterima yaitu ada pengaruh dari variabel bebas terhadap minat belajar, besar pengaruh variabel bebas adalah 29,4% yang didapatkan dari uji determinasi (R2). Simpulan dari penelitian ini adalah Pemanfaatan Situs Candi Plaosan Sebagai Sumber Belajar Sejarah melalui Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Group Mempunyai Pengaruh terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Prambanan. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) perlu adanya inovasi dalam pembelajaran sejarah dikelas. (2) dalam memanfaatkan sumber belajar seperti penelitian ini perlu direncanakan dengan matang, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Candi Plaosan, Sumber Belajar, Minat Belajar
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 12:00
Last Modified: 06 Nov 2017 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27192

Actions (login required)

View Item View Item