PEMAHAMAN TERHADAP KETOKOHAN SOEKARNO – HATTA DAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Muhammad Khoirul Amri , 3101412099 (2016) PEMAHAMAN TERHADAP KETOKOHAN SOEKARNO – HATTA DAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BANDAR KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). mengetahui upaya guru dalam menanamkan sikap nasionalisme ketokohan Soekarno – Hatta pada siswa, 2). mengetahui pemahaman siswa terhadap ketokohan Soekarno – Hatta, 3). mengetahui sikap nasionalisme yang dimunculkan dari ketokohan Soekarno – Hatta oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sehingga penelitian ini mendiskripsikan suatu keadaan yang apa adanya. Data penelitian diperoleh dari rangkaian observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah 1). Sumber data primer, 2) sumber data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bandar, guru mata pelajaran sejarah dan kepala sekolah. Penelitian ini, mengumpulkan data dengan cara trianggulasi yakni 1). trianggulasi teknik, 2). trianggulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan pelaksanaan upaya penanaman sikap nasionalisme ketokohan Soekarno – Hatta dalam pembelajaran dilakukan dengan dua cara yaitu 1). di dalam kelas, 2). di luar kelas. Tingkat pemahaman siswa terhadap pemahaman ketokohan Soekarno – Hatta sudah mencapai batas kriteria ketuntasan minimal yang telah diatur oleh sekolah pada materi ketokohan Soekarno – Hatta di dalam mata pelajarn sejarah, serta sikap nasionalisme yang dimunculkan siswa berdasarkan ketokohan Soekarno – Hatta juga sudah tinggi. Secara umum materi ini tersampaikan dengan baik sehingga siswa memahami materi yang diajarkan dan memiliki semangat nasionalisme yang dicerminkan dari ketokohan Soekarno – Hatta sebagai inspirasi. Saran penelitian adalah (1) Perlu adanya peningkatan kedisiplinan dalam pembelajaran serta membudayakan membaca sehingga dapat mengatasi keterbatasan waktu dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. (2) Perlu adanya penambahan sumber referensi buku yang relevan dengan ketokohan Soekarno – Hatta di perpustakaan. (3) Perlu adanya pengawasan yang lebih terhadap berbagai pengetahuan yang masuk pada siswa di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat di era globalisasi dewasa ini, sehingga semangat nasionalisme ketokohan Soekarno - Hatta tetap terjaga dengan baik pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Ketokohan Soekarno – Hatta, Sikap Nasionalisme Siswa.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 11:57
Last Modified: 06 Nov 2017 11:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27191

Actions (login required)

View Item View Item