PENGEMBANGAN MODUL SEJARAH M. NITISEMITO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017


Muhammad Ulil Fachrudin , 3101412095 (2016) PENGEMBANGAN MODUL SEJARAH M. NITISEMITO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan di SMA N 1 Bae Kudus tahun ajaran 2016-2017 menunjukan bahwa dalam pembelajaran Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia hanya menggunakan Buku Siswa dan LKS yang disediakan sekolah. Bahan ajar yang terbatas serta konten materi yang kurang lengkap pada bahan ajar yang tersedia terutama materi sejarah lokal seperti M.Nitisemito menunjukan minat belajar sejarah siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Menganalisis kondisi awal pembelajaran sejarah sebelum dikembangakn Modul Sejarah M.Nitisemito, (2) Menganalisis Modul Sejarah M.Nitisemito yang akan dikembangkan, (3) Mengetahui dan menganalisis kelayakan Modul Sejarah M.Nitisemito dalam pembelajaran Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dilihat dari validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta tanggapan Guru dan Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan pendekatan kualitatif yang dikelompokan menjadi tiga tahapan, yakni; tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Dari masing-masing tahapan terbagi menjadi sumber data, teknik pengambilan data, uji objektivitas data, teknik analisis data, dan hasil penelitian. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang dilakukan yakni; teknik purposive sampling dikarenakan peneliti sudah mengetahui dan memahami kondisi dimana lokasi penelitian merupakan tempat peneliti menempuh pendidikan jenjang menengah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bahan ajar yang tersedia disekolah berupa Buku paket, Buku Siswa, dan LKS. Sedangkan metode yang digunakan guru berupa ceramah satu arah, sehingga minat siswa dalam belajar sejarah rendah. Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli materi dan ahli media, Modul yang dikembangkan menunjukan hasil 95,34% untuk validasi materi tahap I dan 74,04% untuk validasi media tahap I. Untuk validasi ahli materi tahap kedua tidak dilakuka sebab telah mendapatkan keterangan layak tanpa revisi dari validator ahli materi, sedangkan pada validasi ahli media tahap II mendapatkan nilai 83,47%. Selain itu didapat pula hasil tanggapan Guru sebesar 86,87% dan dari hasil tanggapan siswa sebesar 89,14%. Dengan demikian Modul Raja Kretek M.Nitisemito ini layak digunakan sebagai bahan ajar sejarah di kelas. Saran yang dapat diberikan yakni, Modul yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah Kelas XI peminatan, dalam cakupan Kompetensi Dasar “Menganalisa peran tokoh-tokoh nasional dan tokoh dari daerah dalam perjuangan menegakan negara Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Sejarah M. Nitisemito, Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 11:41
Last Modified: 06 Nov 2017 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27189

Actions (login required)

View Item View Item