STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR SEJARAH ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN MODEL CERAMAH BERVARIASI PADA SISWAKELAS XI IPS SMA N 1 SALAMAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Nina Rachmawati , 3101412087 (2016) STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR SEJARAH ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN MODEL CERAMAH BERVARIASI PADA SISWAKELAS XI IPS SMA N 1 SALAMAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam Kurikulum 2013, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar, dan guru berkedudukan sebagai fasilitator. Untuk membuat siswa lebih aktif, guru diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dalam diri siswa. Dengan tumbuhnya motivasi dalam diri siswa akan membuat siswa tertarik pada mata pelajaran yang disampaikan. Untuk itu, guru harus cermat dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay diharapkan peserta didik lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah bervariasi, dan 3) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran koopertaif tipe Course Review Horay dengan model ceramah bervariasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Salaman. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan alat berupa angket. Data yang telah diperoleh dianailisis menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata motivasi kelas eksperimen pre test sebesar 88,83 dan post test sebesar 113,6. Terjadi peningkatan sebesar 24,77. Sementara itu, nilai rata-rata motivasi kelas kontrol pre test sebesar 87,57 dan post test sebesar 102,47. Terjadi peningkatan sebesar 14,9. Berdasarkan uji t, diperoleh sig (2-tailed) = 0,000 kurang dari taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model Course Review Horay memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang dalam proses pembelajarannya menggunakan model ceramah bervariasi dapat dilihat dari perbedaan peningkatan nilai rata-rata pre test dan post test.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, course review horay, ceramah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 11:38
Last Modified: 06 Nov 2017 11:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item View Item