PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTU MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA KESATRIAN 1 SEMARANG


FITRIA SUSILOWATI , 3101412085 (2016) PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTU MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan salah satu persoalan penting dalam pembelajaran. Minat siswa cenderung rendah untuk mempelajari sejarah. Penerapan model pembelajaran learning cycle 7E dengan media gambar dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E berbantu media gambar di SMA Kesatrian 1 Semarang, (2) mendeskripsikan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi di SMA Kesatrian 1 Semarang, (3) mengetahui perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E berbantu media gambar dan model pembelajaran ceramah bervariasi pada mata pelajaran sejarah di SMA Kesatrian 1 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang yang berjumlah 389 siswa. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sehingga diperoleh kelas X MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan alat berupa angket. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah rata-rata minat kelas ekperimen adalah 154,89, sedangkan rata-rata minat kelas kontrol adalah 148,13. Berdasarkan uji perbedaan minat belajar siswa diperoleh = 2,137 dengan taraf siginifikan 5% dan dk = 73, maka di peroleh = 1,993 karena , maka di tolak. Terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E berbantu media gambar mampu membangkitkan minat lebih baik dari model pembelajaran ceramah bervariasi. Saran, bagi guru yang memiliki siswa kurang berminat belajar sejarah dapat menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran learning cycle 7E disamping itu sebaiknya guru memiliki pengelolaan kelas yang baik agar mencapai hasil pembelajaran yang optimal dan menumbuhkan minat belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Learning Cycle 7E, pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 11:34
Last Modified: 06 Nov 2017 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27187

Actions (login required)

View Item View Item