PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA MULTI GAWANG DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA SD NEGERI SUROKIDUL 02 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015


Alfian Risqi Rachmadianto, 6102411090 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA MULTI GAWANG DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA SD NEGERI SUROKIDUL 02 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411090.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran permainan sepakbola yang memberikan kesempatan kepada siswa putra dan putri agar bisa bermain bersama dalam suatu bentuk permainan sepakbola. Sehingga dengan dikembangkanya permainan sepakbola menjadi permainan sepakbola multi gawang tidak menjadi penghalang untuk siswa putra dan putri untuk bermain sepakbola bersama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Surokidul 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa pengembangan pembelajaran melalui permainan sepakbola multi gawang dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Surokidul 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, langkah –langkahnya yaitu 1) Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) Mengembangkan bentuk produk awal, 3) Evaluasi produk awal oleh para ahli dengan menggunakan satu ahli pendidikan jasmani dan satu orang guru pendidikan jasmani, 4) Revisi produk pertama dari hasil evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, 5) Melakukan uji coba skala besar, 6) Revisi produk akhir sesuai dengan hasil evaluasi, 7) Hasil akhir berupa model pembelajaran permainan sepak bola multi gawang dalam pembelajaran penjasorkes yang dihasilkan melalui revisi setelah dilakukan uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa lembar evaluasi dari ahli dan lembar kuesioner dari siswa dan lembar pengamatan. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 83,75% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa dan lembar pengamatan pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 80,05% (baik). Dari hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala besar didapat persentase sebesar 84,39% (baik). Dari data di atas maka dapat disimpulkan bahwa model permainan sepakbola multi gawang layak digunakan sebagai model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri Surokidul 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Saran bagi guru Penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan produk model permainan sepakbola multi gawang ini sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran Penjasorkes disekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan bola besar, permainan sepakbola multi gawang.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 18:11
Last Modified: 03 Nov 2017 18:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27181

Actions (login required)

View Item View Item