PEMANFAATAN GEDUNG PERUNDINGAN LINGGARJATI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BEBER TAHUN AJARAN 2015-2016


Aminatul Fitriah , 3101412083 (2016) PEMANFAATAN GEDUNG PERUNDINGAN LINGGARJATI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BEBER TAHUN AJARAN 2015-2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah dengan menggunakan bukti sejarah sebagai sumber dan media pembelajaran akan membuat siswa antusias mengikuti pelajaran. Gedung Perundingan Linggarjati merupakan bukti sejarah yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan.Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui proses pembelajaran dengan memanfaatkan Gedung Perundingan Linggarjati sebagai sumber belajara sejarah untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Beber, mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam memanfaatkan Gedung Perundingan Linggarjati sebagai sumber belajar sejarah, mengetahui respon siswa setelah melakukan metode kunjungan ke Gedung Perundingan Linggarjati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, peneliti mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di luar kelas yang telah dilakukan oleh guru. Data diperoleh dari observasi langsung dan wawancara, informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas XI IPA. Kegiatan wawancara ini dilakukan untuk mencari kaitan antara pembelajaran di luar kelas dengan minat belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkam pelaksanaan kegiatan pembelajaran sejarah sudah cukup baik saat melakukan observasi. Pembelajaran yang menggunakan media dan metode oleh guru dalam mengajar sudah baik. Dalam pelajaran media yang digunakan oleh guru bervariasi dan dapat menarik minat siswa dalam mengikuti pelajaran sejarah, sedangkan metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah metode-metode yang memberikan siswanya kesempatan untuk mengetahui tentang peristiwa dimasa lampau. Pembelajaran dengan memanfaatkan Gedung Perundingan Linggarjati menemui beberapa kendala seperti alokasi waktu, transportasi, biaya dan keamanan.Walaupun demikian pembelajaran sejarah tetap berjalan baik sehingga siswa senang dan bersemangat saat melakukan pembelajaran di luar kelas. Respon siswa pada saat melakukan pembelajaran di luar kelas dapat menumbuhkan semangat dan mengurangi kejenuhan yang di alami siswa saat pembelajaran di dalam kelas. Saran untuk guru (1) Hendaknya guru lebih meningkatkan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media dan metode yang bervariasi. (2) Hendaknya sekolah memberikan keringanan agar pembelajaran di luar kelas dapat berjalan dengan lancar tanpa harus membebani siswa untuk membayar biaya transportasi serta jam pelajaran di luar kelas dapat ditambah agar pembelajaran maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Gedung Perundingan Linggarjati, Sumber Belajar Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 18:13
Last Modified: 03 Nov 2017 18:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27180

Actions (login required)

View Item View Item