PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015/2016


WAHYUNI , 3101412081 (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas dapat dilihat dari minat belajar siswa. Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang terdiri dari Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang tersusun dari berbagai hafalan sehingga kurang menarik bagi sebagian besar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VII B SMP Negeri 2 Windusari diperoleh data yang menyatakan rendahnya minat belajar siswa, yaitu berdasarkan hasil perhitungan pengamatan minat belajar siswa prasiklus yang menunjukkan persentase sebesar 54,98%. Hal ini menjadi pertimbangan akan pentingnya pemilihan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat mempunyai minat belajar dalam proses pembelajaran. Model Pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan Media Flip Chart menjadi salah satu solusi yang diharapkan efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Windusari tahun pelajaran 2015/2016. Prosedur penelitian ini merupakan kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi siswa, lembar kinerja guru, dan soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa setelah perlakuan dengan menggunakan. Model Pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan Media Flip Chart. Peningkatan minat belajar siswa dilihat dari lembar observasi siswa menunjukkan hasil persentase pada siklus I sebesar 70,78% meningkat pada siklus II menjadi 88,64%. Dan hasil angket siklus I sebesar 73,13 meningkat pada siklus II menjadi 79,03. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Menggunakan Media Flip Chart. mampu meningkatkan minat belajar siswa. Saran yang berkaitan dengan kegiatan ini adalah Model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan media Flip Chart dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam memilih model pembelajaran pada mata pelajaran IPS untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa, Model Talking Stick, Media Flip Chart, dan Mata Pelajaran IPS.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 18:04
Last Modified: 03 Nov 2017 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item View Item