PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN VARIASI GERAK UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF PADA SISWA KELAS BAWAH DI SLB BC (TUNAGRAHITA) PELITA ILMU SEMARANG TAHUN 2015


Enjasega Pramudya , 6102411088 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN VARIASI GERAK UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOKOMOTOR DAN MANIPULATIF PADA SISWA KELAS BAWAH DI SLB BC (TUNAGRAHITA) PELITA ILMU SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah pendidikan jasmani tidak hanya diperuntukkan bagi anak normal saja namun anak berkebutuhan khusus juga berhak mendapatkan pendidikan jasmani khususnya bagi anak Tunagrahita. Tetapi pada kenyataan di sekolahan proses pembelajaran jasmani belum terlaksana dengan maksimal dalam variasi pola gerak dasar. Karena dalam proses berlangsungnya pembelajaran penjas tidak di ajarkan oleh seorang guru penjas sehingga dalam pembelajaran kurang pemahaman tentang gerak dasar dan variasi permaianan lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan model permainan variasi gerak dalam pembelajaran gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada siswa kelas bawah SLB Tunagrahita Pelita Ilmu Semarang Tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan model permainan dalam penjasorkes pada siswa kelas bawah SLB BC (Tunagrahita) Pelita Ilmu Semarang Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu (1) adanya potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi (3) desain produk, (4) validasi desain, menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah pertama luar biasa, (5) perbaikan desain revisi produk pertama, (6) uji coba skala kecil (10 siswa), (9) revisi produk, (8) uji coba skala besar (12 siswa), (9) revisi produk akhir, (10) pembuatan produk masal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, hasil pengamatan siswa dilapangan dan hasil wawancara dengan guru penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data uji coba skala kecil diperoleh presentase 84,65% (Baik). Hasil penelitian uji coba skala besar diperoleh persentase 95,5% (Sangat Baik). Disimpulkan bahwa pengembangan model permainan variasi gerak dalam penjasorkes pada siswa kelas bawah SLB BC (Tunagrahita) Pelita Ilmu Semarang dapat digunakan. Saran dari peneliti yaitu (1) bagi guru sebagai alternatif dalam penyampaian materi pembelajaran, (2) bagi siswa sebagai inovasi permainan variasi gerak agar pola variasi gerak dasar dan permainan didapatkan , serta siswa lebih mengeksplor gerak dasar saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Penjas Adaptif, Tunagrahita. Model Permainan Variasi Gerak
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 18:05
Last Modified: 03 Nov 2017 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27178

Actions (login required)

View Item View Item