PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN HUNT DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS V SDN 1 PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2015/2016


Prihandoko, 6102411087 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN HUNT DALAM PEMBELAJARAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS V SDN 1 PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran permainan bola basket melalui permainan hunt bagi siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall dengan urutan sebagai berikut : (1) Analisis Kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) Pembuatan produk awal, mengembangkan produk uji coba kelompok kecil yang berupa model pengembangan bola basket melalui permainan hunt, (3) Uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner, serta evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, termasuk konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan sebagai perbaikan terhadap produk uji coba kelompok kecil yang dibuat oleh peneliti, (5) Uji coba lapangan, (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) Hasil akhir model pembelajaran bola basket melalui permainan Hunt bagi siswa kelas V SD 01 Pagentan Kabupaten Banjarnegara yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada para ahli yang berupa lembar evaluasi, serta uji coba kelompok kecil ( 12 siswa ), dan uji lapangan ( 22 siswa ). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Dari hasil evaluasi para ahli, yaitu dari ahli penjas diperoleh hasil 79% dengan kriteria baik, dari ahli pembelajaran 84% dengan kriteria baik. Data hasil kuesioner dan pengamatan siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata dengan presentase 77,5% kriteria baik. Dan data hasil kuesioner dan pengamatan siswa pada uji lapangan diperoleh rata-rata dengan presentase 81,1% kriteria baik. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa permainan hunt efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di Sekolah Dasar dapat menggunakan model permainan hunt ini sebagai alternative pembelajaran bola besar khususnya dalam pembelajaran bola basket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Hunt, Pembelajaran, Bola Basket.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 03 Nov 2017 17:49
Last Modified: 03 Nov 2017 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27177

Actions (login required)

View Item View Item