HUBUNGAN LAMA LATIHAN HOKI, DERAJAT KELENGKUNGAN TULANG BELAKANG DAN AKURASI PUKULAN PADA PEMAIN HOKI PUTRA UNNES TAHUN 2015


Andri Teguh Wibowo , 6211410033 (2015) HUBUNGAN LAMA LATIHAN HOKI, DERAJAT KELENGKUNGAN TULANG BELAKANG DAN AKURASI PUKULAN PADA PEMAIN HOKI PUTRA UNNES TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211410033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Akurasi pukulan merupakan faktor yang dominan dalam permainan hoki untuk memperoleh kemenangan dalam pertandingan. Posisi sikap saat dribble, passing dan shooting, posisi tulang belakang membungkuk kedepan atau dengan sikap miring kesamping akan mengkibatkan mekanisme proteksi dari otot-otot tulang belakang untuk menjaga keseimbangan. Manifestasi yang terjadi justru overuse pada salah satu sisi otot yang dalam waktu terus menerus dan hal yang sama yang terjadi adalah ketidak seimbangan postur tubuh ke salah satu sisi yang membungkuk kedepan ataupun kesamping. Untuk mengetahui adakah hubungan antara lama latihan hoki dengan derajat kelengkungan tulang belakang pada pemain putra UKM hoki Unnes dan mengetahui adakah hubungan antara lama latihan hoki dengan akurasi pukulan hoki pada pemain putra UKM hoki Unnes. Metode penelitian menggunakan survei dengan teknik tes dan angket. Populasi penelitian pemain putra UKM hoki Unnes sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling, yaitu mengikut sertakan semua populasi untuk menjadi sampel penelitian. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas dan variabel terikat. Lama latihan sebagai variabel bebas, sedangkan yang menjadi variabel terikat yaitu derajat kelengkungan tulang belakang dan akurasi pukulan. Instrumen data menggunakan kuesioner, teknik tes Curaton Gunby dan Goniometer. Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan hubungan lama latihan hoki dengan derajat kelengkungan tulang belakang sebesar 4,4%, hubungan lama latihan hoki dengan akurasi pukulan sebesar 30,7%. Simpulan penelitian ini adalah: 1) Pemain putra yang mengikuti UKM hoki di Unnes masih memiliki lengkung tulang belakang yang normal. Hal ini menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan derajat kelengkungan tulang belakang dengan lamanya waktu seseorang berlatih hoki. 2) Lamanya waktu berlatih hoki berhubungan dengan akurasi pukulan pada pemain putra yang mengikuti UKM hoki di Unnes. Saran penelitian ini adalah : 1) Bagi atlet UKM hoki Unnes apabila ada program latihan yang terjadwal maka hasil akurasi pukulan yang diberikan untuk atlet hoki yang baru latihan bisa lebih baik dan untuk atlet yang lama latihan lebih dari 2 tahun akan mendapatkan hasil lebih maksimal. 2) Untuk seorang pemula yang belajar hoki bahwa lama seseorang dalam bermain hoki tidak mempunyai hubungan dengan bentuk tulang belakang tidak menyebabkan kelainan pada tulang belakang. Sehingga bagi pemula jangan takut bermain hoki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lama Latihan, Tulang Belakang, Akurasi Pukulan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 17:32
Last Modified: 03 Nov 2017 17:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27176

Actions (login required)

View Item View Item