PENGARUH LATIHAN HOKI MODIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP (Studi Eksperimen di SMP Islam Terpadu Bina Amal Semarang)


Muhammad Dedy Saputro , 6211409089 (2016) PENGARUH LATIHAN HOKI MODIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP (Studi Eksperimen di SMP Islam Terpadu Bina Amal Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211409089.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kebugaran jasmani melalui latihan modifikasi permainan hoki setelah diberi latihan 2x/minggu selama 6 minggu. Metode penelitian eksperimen dengan desain pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMP IT (Islam Terpadu) BINA AMAL Semarang yang tergabung dalam ekstrakurikuler olahraga, sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu: Latihan menggunakan modifikasi permainan hoki selama 2x/ minggu selama 6 minggu dan variabel terikat yaitu kebugaran jasmani yang diukur dengan Test Kebugaran Jasmani Indonesia. Teknik analisis data menggunakan uji T-Test. Hasil penelitian pre test Tes Kebugaran Jasmani rata-rata 14,30 dan post test rata-rata 17,15 peningkatan sebesar 2,85. Dapat dilihat dari perbedaan ratarata pre test 14,30 < 17,15 dari eksperimen post test . Dengan mengikuti latihan tersebut mengalami peningkatan yang signifikan terbukti dari hasil uji t sebesar 0,1409 < t tabel 0,3041. Terjadinya peningkatan kebugaran jasmani karena adanya frekuensi dan intensitas latihan yang sesuai, sehingga ketrampilan dasar bermain hoki dan peningkatan kebugaran jasmani meningkat lebih baik. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh latihan modifikasi latihan permainan hoki 2x/minggu selama 6 minggu terhadap peningkatan kebugaran jasmani peserta ekstra kurikuler olahraga SMPIT Bina Amal Semarang. Untuk itu disarankan: Bagi pelatih / guru perlu untuk melatih ketrampilan dasar permainan hoki sebagai salah satu alternatif cabang olahraga ekstra kurikuler di sekolah. Agar dapat meningkatkan ketrampilan dasar permainan hoki sebaiknya dimulai dengan mengguanakan peralatan yang dimodifikasi agar lebih mudah dan terjangkau . Akan lebih baik jika latihan dasar permainan hoki divariaskan sesuai dengan kegunaan saat permainan. Seperti melatih push, control bola, drible, dan game beregu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hoki, Modifikasi, dan Kebugaran Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 17:29
Last Modified: 03 Nov 2017 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27175

Actions (login required)

View Item View Item