MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LARI ESTAFET MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VI SDN 01 KALIREJO KECAMATAN TALUN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Purnama , 6102914091 (2016) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LARI ESTAFET MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VI SDN 01 KALIREJO KECAMATAN TALUN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Atletik merupakan salah satu elemen penting dalam kurikulum pendidikan jasmani khususnya di Sekolah Dasar, salah satunya adalah materi lari estafet. Dari hasil pengamatan dilapangan kebanyakan siswa kurang berminat terhadap materi lari estafet sehingga berakibat pada hasil belajarnya yang jauh dibawah nilai KKM. Dengan didasari hasil pengamatan tersebut, maka perlu adanya pendekatan atau metode pembelajaran yang bisa menggugah minat siswa dan salah satu metodenya adalah melalui pendekatan metode kooperatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode kooperatif dapat meningkatkan hasil pembelajaran lari estafet pada siswa kelas VI SDN 01 Kalirejo Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lari estafet pada siswa kelas VI SDN 01 Kalirejo Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui metode kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan metode tes yang meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Hasil pengamatan yang kaitannya dengan sikap aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran (afektif) untuk siklus I sebesar 75,2% dan siklus II 84,0%, ini berarti ada peningkatan sebesar 08,8%. Untuk praktik (psikomotor) siklus I memperoleh hasil sebesar 71,2% dan siklus II sebesar 86,0%, berarti ada peningkatan 14,8%. Sedangkan untuk pengisian hasil kuisioner siswa (kognitif) diperoleh hasil untuk siklus I sebesar 71,0% dan siklus II 87,0%, berarti ada peningkatan sebesar 16,0%. Sedangkan untuk hasil belajar secara klasikal untuk data awalnya hanya 10 siswa yang tuntas atau sebesar 34,5%. Untuk siklus I 15 siswa yang tuntas atau 52,0%, berarti ada peningkatan dari data awal sebesar 17,5%. Siklus II 28 siswa yang tuntas atau 96,5%, berarti ada peningkatan dari siklus I sebesar 44,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar lari estafet. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan untuk meningkatkan semangat belajar. Guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dan juga lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif, efisien dan juga menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Lari Estafet, Metode Kooperatif, Hasil Belajar
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 17:03
Last Modified: 03 Nov 2017 17:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27174

Actions (login required)

View Item View Item