PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMUKUL BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN DROP BALL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBARANG 01 KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL TAHUNPELAJARAN 2015/2016


ACHMAD FAOZI NIM , 6102914082 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMUKUL BOLA KASTI MELALUI PERMAINAN DROP BALL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBARANG 01 KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL TAHUNPELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “apakah pembelajaran memukul bola kasti melalui permainan Drop Ball dapat meningkatkan hasil belajar memukul bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Sumbarang 01 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016?”Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran memukul bola kasti menggunakan permainan Dop Ball dapat meningkatkan hasil belajar memukul bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Sumbarang 01 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2015/2016 . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Sumbarang 01 Kabupaten Tegal, dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 31 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan, serta dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2016.Metode dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan data pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran dengan teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi, serta tes tertulis dan praktek. Berdasarkan hasil penilaian data awal yang diperoleh, terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Analisis presentase 39% dengan jumlah 31 siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa, kemudian menuju siklus I meningkat dengan presentase 71% dengan jumlah siswa yang tuntas 22 anak dan siklus II meningkat dengan presentase 87%, dengan siswa yang tuntas 27 anak. Penelitian ini berhasil dari indikator keberhasilan yang ditargetkan 85%. Kesimpulan dari hasil belajar penelitian ini adalah permainan Drop Ball dapat meningkatkan hasil belajar memukul bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Sumbarang 01 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian pembelajaran dalam dunia pendidikan. Sebaiknya pembelajaran permainan Drop Ball dapat dilaksanakan seperti apa yang telah direncanakan dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar, sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HasilBelajar, bola kasti danpermaianan Drop Ball
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 16:53
Last Modified: 03 Nov 2017 16:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27171

Actions (login required)

View Item View Item