UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PERMAINAN LOKAR ( LOMPAT KARET ) PADA SISWA KELAS IV SD AL IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN 2015/ 2016


ANTON SUJARWO , 6102914081 (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MELALUI PERMAINAN LOKAR ( LOMPAT KARET ) PADA SISWA KELAS IV SD AL IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN 2015/ 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa dalam melakukan aktivitas belajar memerlukan dorongan tertentu agar siswa tersebut memiliki kesenangan, keberanian, rasa percaya diri dan keaktifan ketika belajar penjasorkes. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan metode permainan lompat karet. Metode pembelajaran ini bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa, dan siswa secara penuh terlibat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pembelajaran penjasorkes pokok bahasan lompat tinggi peneliti menerapkan metode permainan lompat karet. Tujuan dari penerapan model metode permainan lompat karet adalah siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mendorong siswa agar lebih kreatif, menumbuhkan keberanian, kesenangan, dan kepercayaan diri dalam belajar. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini terdapat dua siklus dengan materi pokok bahasan yang sama, dimana tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yang cukup baik dilihat dari ratarata hasil belajar siswa tiap siklus. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 6,72 dan siklus II sebesar 8,24. Hal ini diperkuat lagi dengan obeservasi siswa yang mengalami peningkatan keaktifan siswa secara signifikan dan respon siswa terhadap penerapan metode permainan lompat karet. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik, dan saran bagi siswa hendaknya bekerja sama dalam belajar supaya ada peningkatan hasil belajar siswa yang lebih signifikan dan bagi guru selalu mencari inovasi pembelajaran yang lebih efektif lagi sehingga proses pembelajaran tidak monoton.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Lompat Tinggi, Melalui Permainan Lompat Karet
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 16:50
Last Modified: 03 Nov 2017 16:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27170

Actions (login required)

View Item View Item